ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS 4 SDN 02 REJOSARI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL

Septiani, Irhamah (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS 4 SDN 02 REJOSARI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_IRHAMAH SEPTIANI.pdf] Text
SKRIPSI_IRHAMAH SEPTIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kemampuan membaca cepat dan membaca pemahaman dengan menggunakan
metode PBL pada siswa kelas 4 SD Negeri 02 Rejosari kota Semarang?. (2)
Faktor-faktor yang dapat memengaruhi kemampuan membaca cepat disertai
membaca pemahaman yang dimiliki oleh siswa kelas 4 SD Negeri 02 Rejosari?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Menganalisis kemampuan membaca cepat dan membaca pemahaman pada siswa kelas 4 SD Negeri 02 Rejosari dengan menggunakan metode PBL dan untuk Mengetahui faktor- faktor yang memengaruhi kemampuan membaca cepat dan membaca pemahaman di kelas 4 SD Negeri 02 Rejosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan di SDN 02 Rejosari kecamatan Semarang Timur Kota Semarang dengan teknik pengumpulan data berupa triangulasi menggunakan tiga
metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas 4 SDN 02 Rejosari kota Semarang kemampuan membaca cepat dan membaca pemahamannya masih dikategorikan dalam kategori rendah, dari 23 siswa di dalam kelas kurang terfokuskan dikarenakan kurangnya pemahaman kata perkata, suasana kelas yang ramai dan sulit kondusif menjadikan siswa kurang konsentrasi di dalam kelas, ada 15 siswa yang kemampuan membaca cepat dan pemahamannya masih dibawah rata-rata selebihnya ada 8 siswa yang dapat
dikategorikan kemampuan membaca cepat dan membaca pemahamannya dalam kategori cukup. Kurangnya dukungan dari orang-orang terdekat yang merupakan faktor kurangnya konsentrasi atau fokus dalam kegiatan membaca. Adapun hambatan individual siswa yang memengaruhi kemampuan membaca cepat dan membaca pemahaman siswa yaitu kebiasan belajar di lingkungan tempat tinggal siswa, kondisi fisik mental yang kurang mendukung dan kurangnya latar belakang pengetahuan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan yaitu hendaknya guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan melalui model atau metode pembelajaran yang variatif. Dan perlunya peran orang-orang
terdekat guna menunjang motivasi belajar siswa dan meningkatkan luasnya pemahaman latar belakang pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:14
Last Modified: 09 Sep 2024 07:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4459

Actions (login required)

View Item
View Item