PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PERMAINAN FORMULA 1 (RUN, JUMP, THROW ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ATLETIK DI SMP PUTRA NUSANTARA SEMARANG

GOZALI, IFDUL (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PERMAINAN FORMULA 1 (RUN, JUMP, THROW ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ATLETIK DI SMP PUTRA NUSANTARA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of IFDUL GOZALI .pdf] Text
IFDUL GOZALI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ifdul Gozali. ” “Pengaruh Pembelajaran Model Permainan Formula 1 ( Run,
Jump, Throw ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Atletik Di Smp Putra
Nusantara Semarang” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Permasalahan penelitian ini adalah: Penyelenggaraan pendidikan jasmani
pada pembelajaran atletik belum dikemas dengan tepat. Tujuan penelitian
pengembangan ini yaitu: Menghasilkan model pengembangan pembelajaran
atletik melalui modifikasi permainan Formula 1 (Run, Jump, Throw) yang sesuai
dengan karakteristik siswa kelas VIII SMP Putra Nusantara.
Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan dari
Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Putra
Nusantara tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik random sampling, dari kelas VIII yang terdiri dari dua kelas,
diambil satu kelas secara acak dipilih sebagai kelas penelitian. Pengumpulan data
dilakukan dengan lembar evaluasi dan kuesioner. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis deskriptif presentase. Sedangkan data yang berupa
saran dan alasan dalam memilih jawaban dianalisis dengan teknik analisis
kualitatif.
Dari hasil penelitian pengembangan ini diperoleh penelitian uji coba
kelompok kecil 89 % (baik) dengan nilai psikomotor 90 % (baik), kognitif 89 %
(baik) dan afektif 89 % (baik) dan pada penelitian uji coba lapangan diperoleh
93% (sangat baik) dengan nilai psikomotor 93 % (sangat baik), kognitif 91 %
(sangat baik), dan afektif 94 % (sangat baik).
Kesimpulan akhir model permainan Formula 1 (Run, Jump, Throw) yang
telah dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai materi pembelajaran
atletik untuk siswa kelas VIII SMP Putra Nusantara. (2) bagi guru penjasorkes di
Sekolah Menengah Pertama (SMP) diharapkan dapat mengembangkan model-
model permainan atletik yang lebih baik dan menarik lainnya.
Kata kunci: Pengembangan,Atletik,Modifikasi Permainan formula
1(run,jump,trow)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:20
Last Modified: 09 Sep 2024 06:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4444

Actions (login required)

View Item
View Item