PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VI SD

FADLILAH, SITI NUR (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VI SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SITI NUR FADLILAH  19120051.pdf] Text
SITI NUR FADLILAH 19120051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

SITI NUR FADLILAH. NPM 19120051. “Pengembangan Bahan Ajar Materi
Bilangan Bulat Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa
Kelas VI SD”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.
2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini belum ada bahan ajar yang
berbentuk cerita dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL)
dalam penggunaan bahan ajar yang sudah di kembangkan siswa lebih
memahami terkait materi bilangan bulat di kelas VI, memudahkan siswa cepat
paham terkait materi bilangan bulat. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah (1) Bagaimana pengembangan bahan ajar matematika materi bilangan
bulat kelas VI menggunakan Problem Based Learning (PBL) (2) Bagaimana
kepraktisan pembelajaran materi bilangan bulat menggunakan Problem Based
Learning (PBL). (3) Bagaimana kelayakan bahan ajar yang di kembangkan
berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL).
Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini yaitu (1) untuk
mengetahui pengembangan bahan ajar matematika materi bilangan bulat kelas
VI menggunakan Problem Based Learning (PBL), (2) untuk mengetahui
kepraktisan pembelajaran materi bilangan bulat menggunakan Problem Based
Learning (PBL), (3) untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang di
kembangkan berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL).
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur
penelitian dan pengembangan yang di gunakan oleh peneliti yaitu menggunakan
langkah-langkah penelitian (Research and Development) yang di kemukakan
oleh Sugiyono (2016: 407) yang terdiri dari 5 langkah.
Hasil validasi yang dilakukan dengan ahli media Bahan Ajar Matematika
Materi Operasi Bilangan Bulat dengan Model Pendekatan Problem Based
Learning (PBL) mendapatkan kategori sangat praktis dengan skor penilaian
sebesar 94,21%. Sedangkan hasil validasi yang dilakukan dengan ahli materi
pada Bahan Ajar Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat dengan
Pendekatan Problem Based Learning (PBL) mendapatkan kategori sangat valid
dengan skor penilaian sebesar 97,91%.
Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulan yang dapat di simpulkan
adalah media Bahan Ajar Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Berbasis
Pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat di gunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar dan membuat peserta didik menjadi lebih aktif
serta lebih paham dengan menggunakan bahan ajar.
Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Bilangan Bulat, Problem Based
Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:03
Last Modified: 05 Jan 2024 07:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item
View Item