Yusrin, Arfina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SMA KELAS XI (STUDI KASUS SMA N 1 SUBAH). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Arfina Yusrin.pdf
Download (9MB)
Abstract
Dunia pendidikan telah dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, salah satu nya penerapan teknologi dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat menghilangkan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran sejarah berbasis virtual reality untuk meningkatkan literasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Subah, dengan sasaran kelas XI AB 1 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eskperimen dan kelas XI AB 2 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Pengolahan data diambil dari hasil penilaian validasi ahli media, materi, siswa, pelaksanaan pre-test dan post-test. Hasil validasi ahli media sebesar 81% dengan kategori “sangat layak”, hasil validasi
ahli materi sebesar 86% dengan kategori “sangat layak”, hasil angket siswa tentang kepraktisan media pembelajaran sebesar 87% dengan kategori “sangat layak”, hasil keefektifan untuk meningkatkan literasi siswa sebesar 70,35%. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran sejarah berbasis virtual reality sangat layak, praktis, efektif digunakan dan berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan literasi pada siswa.
Kata Kunci : Virtual Reality, kemampuan literasi siswa, Sejarah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:49 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4326 |