PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK SABILILLAH BEDONO SAYUNG DEMAK

ULWIYAH, ANA (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK SABILILLAH BEDONO SAYUNG DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANA ULWIYAH_SKRIPSI..pdf] Text
ANA ULWIYAH_SKRIPSI..pdf

Download (1MB)

Abstract

ANA ULWIYAH. NPM 22156031. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Metode Eksperimen di TK Sabilillah Bedono Sayung Demak”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Muniroh Munawar, M.Pi,.M.Pd,. Dosen pembimbing II Dwi Prasetyawati, D.H.,S.Pd., M.Pd. 2024
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir anak di TK Sabilillah Kelompok A. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak di TK Sabilillah Bedono Sayung Demak?.Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak melalui metode eksperimen di TK Sabilillah Bedono Sayung Demak
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) Observasi, (4) refleksi dari hasil observasi. Setiap siklus
dilaksanakan tiga kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir kritis anak pada kondisi awal (pra siklus) sebesar 6,25%. Kemudian pada siklus I prosentase menjadi 43,75%. Pada siklus II persentase meningkat menjadi 81,25%.
Sehingga pada siklus II indikator kinerja tercapai. Hasil hipotesis kemampuan berpikir kritis anak kelompok A TK Sabilillah melalui metode eksperimen meningkat dan berdasarkan hasil akhir tersebut maka hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Oleh karena itu, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
anak di TK Sabilillah Kelompok A. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya metode eksperimen dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar terutama dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:59
Last Modified: 02 Sep 2024 06:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4322

Actions (login required)

View Item
View Item