MODIFIKASI PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI METODE PERMAINAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH RANDUBLATUNG

Nugroho, Ahmad Setyo (2024) MODIFIKASI PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI METODE PERMAINAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH RANDUBLATUNG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ahmad Setyo Nugroho.pdf] Text
Ahmad Setyo Nugroho.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ahmad Setyo Nugroho “Pembelajaran bola voli melalui metode permainan
terhadap minat dan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas x smk
muhammadiyah randublatung” Skripsi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2024.
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan wawancara yang dilakukan
dengan salah satu pengajar penjaskes di SMK Muhammadiyah Randublatung
ketika pembelajaran penjaskes kelas X. Pada wawancara tersebut ditemukan bahwa
dalam pembelajaran penjaskes pada materi passing bawah bola voli masih banyak
terdapat nilai siswa yang dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode permainan dapat
meningkatkan kemampuan hasil belajar passing bawah bola voli di SMK
Muhammadiyah Randublatung.
Penelitian ini merupakan eksperimen murni dengan metode penelitian
menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang
digunakan adalah teknik cluster random sampling. Kriteria yang dinilai untuk
mendapatkan sampel adalah hasil observasi nilai pembelajaran yang masih rendah.
Maka sampel yang didapat dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKRO 1 di SMK
Muhammadiyah Randublatung. Setelah itu kelompok eksperimen mendapatkan
perlakuan dan kelompok pembanding tidak mendapatkan perlakuan.
Hasil peneltian penerapan modifikasi pembelajaran bola voli melalui
metode permainan dijelaskan bahwa rata-rata kelas pembanding untuk pretest
60,96 dan posttest 64,41. Kemudian rata-rata kelas eksperimen untuk pretest 64,68
dan posttest 79,89. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas pembanding terjadi
kenaikan hasil belajar sebesar 6 %, sedangkan pada kelas eksperimen terdapat
kenaikan hasil belajar yang lebih tinggi sebesar 23,5 %.
Berdasarkan pengamatan selama proses penelitian berlangsung, ternyata
hasil belajar passing bawah bolavoli meningkat, karena dengan alat modifikasi
pembelajaran bola voli dengan metode permainan lebih menarik dan belum pernah
diajarkan sebelumnya. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui metode
permainan di SMK Muhammadiyah Randublatung. Saran bagi siswa agar lebih
meningkatkan teknik dasar passing bawah bola voli dan bagi guru diharapkan dapat
memberikan metode pemebelajaran yang bervariasi lagi.
Kata kunci : Bola Voli, Hasil Belajar, Metode Permainan, Passing Bawah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:37
Last Modified: 26 Aug 2024 04:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4245

Actions (login required)

View Item
View Item