ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI SOAL CERITA SISWA KELAS II SD NEGERI KEMBANG ARUM 02 MRANGGEN DEMAK

NADHILA, SHEILA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI SOAL CERITA SISWA KELAS II SD NEGERI KEMBANG ARUM 02 MRANGGEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SHEILA NADHILA 19120415.pdf] Text
SHEILA NADHILA 19120415.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sheila Nadhila. NPM 19120415. “ Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam
Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Soal Cerita Siswa Kelas II SD
Negeri Kembang Arum 02 Mranggen Demak “ , Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas PGRI
Semarang , 2023.
Hal yang dapat mendorong pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir
kritis yang dimiliki oleh masing-masing siswa sangat berbeda. Sehingga perlu
diterapkannya pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita.
Fokus dari penelitian ini adalah Bagaimana Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Dalam Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Soal Cerita Siswa Kelas II
SD Negeri Kembang Arum 02 Mranggen Demak ? . Tujuan dalam enelitian ini
adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi
penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita siswa kelas II SD Negeri
Kembang Arum 02 Mranggen Demak.
Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari
guru kelas II dan siswa kelas II sebanyak 14 siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah analisis kemampuan berpikir kritis pada
materi penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita di kelas II SD Negeri
Kembang Arum 02 yaitu dengan indikator (1) Merumuskan Permasalahan , (2)
Melaksanakan observasi dan mempertimbangkan hasil dari observasi , (3)
Menginduksi dan menilai hasil induksi , (4) Mendefinisikan dan menilai hasil
definisi , dan (5) Berinteraksi dengan orang lain . Hal tersebut dapat dilihat dari
kebiasaan siswa dalam kemampuan berpikir kritis pada materi penjumlahan dan
pengurangan melalui soal cerita yang belum maksimal.
Adapun faktor penghambat kemampuan berpikir kritis pada materi
penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita di kelas II SD Negeri Kembang
Arum 02 yaitu ada beberapa siswa yang belum lancar membaca dan menulis
angka dikehidupan sehari-hari . Terhambatnya proses dalam pembelajaran
menyebabkan guru mengulas kembali materi penjumlahan dan pengurangan
melalui soal cerita kepada siswa, ini membuat tujuan pembelajaran menjadi
kurang efektif. Guru belum membuat modul ajar sendiri dengan kata lain masih
mengandalkan modul ajar yang tersedia disekolah dengan keterbatasan waktu.
Dilakukan tes kepada siswa yang terbagi menjadi 3 subjek yaitu dengan
kemampuan berpikir kritis tinggi, kemampuan berpikir kritis sedang dan
kemampuan berpikir kritis rendah.
Saran dalam penelitian bahwa kemampuan berpikir kritis pada materi
penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita sangat baik di gunakan maupun
di kembangkan di sekolah. Dengan adanya kehadiran tenaga pendidik mampu
untuk memberikan bimbingan ,arahan , maupun motivasi kepada siswa agar
proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:36
Last Modified: 05 Jan 2024 06:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item
View Item