YUNINGTYAS, SANTI ANDINI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA KOKAMI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT SISWA KELAS IV SD NEGERI KAUMAN 03 BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SANTI ANDINI YUNINGTYAS 19120383.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Santi Andini Yuningtyas. NPM 19120383. “Pengaruh Model Pembelajaran
Talking Stick Berbantu Media Kokami terhadap Hasil Belajar IPAS Materi
Perubahan Wujud Zat Siswa Kelas IV SD Negeri Kauman 03 Batang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Fine Reffiane, S. Pd., M. Pd.
Pembimbing II Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M. Pd. 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Nilai mata pelajaran IPAS pada
siswa kelas IV yang masih tergolong rendah belum mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 67, yang disebabkan karena masih
banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi; (2) Guru belum
pernah menerapkan model pembelajaran talkig stick serta media pembelajaran
kokami.
Permasalahan dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh model
pembelajaran talking stick berbantu media kokami (kotak kartu misteri) terhadap
hasil belajar IPAS materi perubahan wujud zat siswa kelas IV di SD Negeri
Kauman 03 Batang? Berdasarkan masalah diajukan hipotesis sebagai berikut:
model pembelajaran talking stick berbantu media kokami berpengaruh terhadap
hasil belajar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui
pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media kokami terhadap hasil
belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri Kauman 03 Batang
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV SD Negeri Kauman 03 Batang yang berjumlah 25 siswa. Sampel
dalam penelitian yaitu sama dengan banyaknya populasi yakni siswa kelas IV SDN
Kauman 03 Batang dengan menggunakan teknik nonprobability sampling
berbentuk sampling jenuh. Desain dalam penelitian ini adalah one group pretest�posttest design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi,
dokumentasi, dan tes siswa dari aspek kognitif.
Hasil penelitian dari pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu
media kokami terhadap hasil belajar siswa SDN Kauman 03 Batang pada kelas IV
diperoleh rata-rata pretest sebesar 56,20 dan rata-rata pada posttest adalah 73.
Sedangkan berdasarkan uji paired sample t-test diketahui sig. (2-tailed) sebelum
diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan pada kelas sebesar 0.000 < 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan
terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media kokami terhadap hasil
belajar IPAS perubahan wujud benda siswa kelas IV SD Negeri Kauman 03 Batang.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis sampaikan adalah
agar penggunaan model pembelajaran talking stick berbantu media kokami dapat
dijadikan masukan oleh guru dalam proses pembelajaran yang nantinya dapat
menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan sehingga
dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 06:26 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 06:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/419 |