IMPLEMENTASI APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN DORONGAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LABORATORIUM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Arti, Helmi (2024) IMPLEMENTASI APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN DORONGAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LABORATORIUM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Helmi Arti 20210014.pdf] Text
Helmi Arti 20210014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Helmi Arti, 20210014."Implementasi Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan
Dorongan dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
di Sekolah Menengah Atas Laboratorium Universitas PGRI Semarang".
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perkembangan teknologi yang pesat
mempengaruhi dunia Pendidikan, media pembelajaran variatif menjadi tuntutan
bagi seorang pendidik supaya meningkatkan motivasi belajar siswa yang kurang
efektif dan semangat belajar masih rendah dalam setiap proses pembelajaran. Hal
ini disebabkan adanya beberapa faktor, baik faktor internal maupun eksternal.
Rumusan Masalah dalam Penelitian ini yaitu Bagaimana Implementasi Aplikasi
Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran
Pendidikan Pancasila di Sekolah Menengah Atas Laboratorium Universitas PGRI
Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan
teori motivasi belajar Abraham H. Maslow. Dengan sub fokus sebagai berikut: 1)
Perancangan pembelajaran dengan aplikasi wordwall. 2) Analisis awal motivasi
belajar. 3) Implementasi aplikasi wordwall. 4) Evaluasi dampak terhadap motivasi
belajar. 5) Identifikasi faktor pendukung dan hambatan. 6) Rekomendasi dan
pengembangan lanjutan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini adalah
teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data,
reduksi data, penyajian dan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Guru Pendidikan Pancasila dalam
perancangan pembelajaran membuat dan menyiapkan modul ajar berpedoman pada
buku dan alur tujuan pembelajaran serta menggunakan media perangkat. Guru
menganalisis motivasi belajar sebelum kegiatan berlangsung dan faktor yang
mempengaruhi motivasi belajar siswa di sekolah. Guru melakukan langkah-
langkah mengacu pada capaian, tujuan, model, dan strategi pembelajaran. Evaluasi
yang dilakukan guru untuk melihat ketercapain tujuan dan keberhasilan peserta
didik untuk meningkatkan motivasi belajar, penghargaan yang diberikan guru
berupa reward, voucher dan poin plus keaktifan. Adapun hambatan yang dihadapi
guru dalam penerapan membutuhkan perencanaan waktu yang cukup banyak.
Aplikasi wordwall sebagai aplikasi alternatif pilihan dikarenakan sistem lebih
variatif yang dapat diterapkan oleh guru Pendidikan Pancasila dan guru mapel lain
serta dapat di terapkan di sekolah lain.
Kata Kunci: Aplikasi Wordwall, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:30
Last Modified: 24 Jun 2024 07:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4083

Actions (login required)

View Item
View Item