ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS X SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG

PRIHANTO, RUDY CATUR (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS X SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RUDY CATUR PRIHANTO 14230163.pdf] Text
RUDY CATUR PRIHANTO 14230163.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rudy Catur Prihanto. NPM 14230163. “Analisis Pembelajaran Daring PJOK
pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.Universitas
PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang diperoleh informasi pembelajaran daring terdapat berbagai
keterbatasan. Pandemi COVID-19 mempengaruhi kegiatan belajar mengajar
PJOK di sekolah, sehingga kegiatan belajar mengajar yang awalnya dilakukan
dengan bertatap muka langsung dengan praktik harus beralih dengan
pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Adapun tujuan penelitian yang hendak
dicapai dari penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran daring PJOK pada masa
pandemi Covid-19 siswa kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan one shot
case study. Metode penelitian menggunakan metode survei, sedangkan
pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Pandemi COVID-19 yang sedang
terjadi tidak memungkinkan pengambilan data secara langsung, sehingga
diberikan kuesioner secara online melalui googleform. Data penelitian dalam
penelitian ini berupa angket, dan lembar wawancara. Sementara sumber data
dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa SMK Cut Nya’ Dien Semarang.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran PJOK pada masa
pandemi Covid-19 di SMK Cut Nya’ Dien Semarang dijelaskan dalam beberapa
indikator yaitu guru tetap memberikan pembelajaran PJOK, guru menggunakan
metode pembelajaran daring, pembelajaran PJOK sesuai dengan RPP namun tidak
runtut, media pembelajaran daring whatsapp group dan Office Teams, siswa
antusias dan berpartisipasi baik dalam pembelajaran meski ada beberapa yang
belum aktif, guru bekerjasama dengan orang tua siswa agar proses pembelajaran
PJOK tetap berlangsung, guru mengatakan dalam pembelajaran daring hanya
sebagian pembelajaran yang sesuai RPP, penilaian berdasarkan pengumpulan
tugas dan ujian, guru mengatakan penilaian pada pembelajaran daring tidak
efektif, dan kendala dalam pembelajaran PJOK daring yaitu kesulitan mengakses
internet. Saran yang disampaikan bagi Guru lebih kreatif dan inovatif dalam
memberikan pembelajaran PJOK secara daring. Bagi sekolah penelitian
pembelajaran daring PJOK pada pandemi Covid-19. Bagi peneliti selanjutnya
hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya
Kata Kunci: Pembelajaran, Daring, PJOK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:07
Last Modified: 05 Jan 2024 04:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item
View Item