PRASETYO, ANDRA JIHAN (2023) ANALISIS INTEGRASI NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN URBAN FARMING DI KELAS V SDN NGEMPLAK SIMONGAN 01 TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANDRA JIHAN PRASETYO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Andra Jihan Prasetyo. NPM 19120173. “Analisis Integrasi Nilai Karakter Dalam
Kegiatan Urban Farming Di Kelas V SDN Ngemplak Simongan 01 Tahun
Pelajaran 2023/2024”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya
pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran untuk membentuk karakter yang
baik pada peserta didik. Nilai-nilai karakter tersebut dapat diterapkan melalui
kegiatan urban farming yang dilaksanakan di luar jam mata pelajaran. Penelitian ini
terfokus pada Bagaimana integrasi nilai karakter dalam kegiatan urban farming di
SDN Ngemplak Simongan 01 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024?. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam
kegiatan urban farming di SDN Ngemplak Simongan 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari
guru kelas 5 dan siswa kelas 5 sebanyak 27 siswa.
Hasil angket menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki sikap sangat
positif terhadap berbagai indikator perilaku yang diukur. Mereka menunjukkan
tanggung jawab (92,5%), kemandirian (94,4%), dan kepedulian terhadap
lingkungan (96%). Selain itu, kedisiplinan (90,7%) dan kerja keras (90,7%). Dalam
interaksi sosial, seluruh siswa (100%) menunjukkan sikap bersahabat dan
komunikatif. Meskipun sebagian besar siswa memiliki minat dalam belajar (85%).
Secara keseluruhan, hasil angket menunjukkan perilaku positif siswa, yang
diharapkan dapat menjadi contoh baik dalam lingkungan sekolah.
Saran yang dapat peneliti sampaikan agar pihak sekolah dapat
mempertahankan kegiatan ini dan untuk siswa diharapkan mampu menerapkan
nilai-nilai karakter yang diperoleh dari kegiatan tersebut dalam kehidupan sehari-
hari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 04:02 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 04:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/405 |