IFTIANINGRUM, REFFINKA MEISYA (2024) KEEFEKTIFAN METODE BERNYANYI BERBANTU MEDIA FLASHCARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SDN 01 KEBONDALEM PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI_REFFINKA MEISYA_20120007.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca dan minat belajar siswa kelas 1 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut disebabkan penggunaan metode ceramah oleh guru yang membuat siswa merasa bosan selama pembelajaran dan media pembelajaran masih belum mampu menarik minat siswa. Hal ini tampak saat pembelajaran membaca gambar sederhana, di mana media yang digunakan hanya berupa gambar hitam putih di papan tulis, dengan penjelasan tertulis di samping gambar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan metode bernyanyi berbantu media flashcard pada kemampuan membaca permulaan dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SDN 01 Kebondalem Pemalang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode bernyanyi berbantu media flashcard pada kemampuan membaca permulaan dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SDN 01 Kebondalem Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian pre-experimental design dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 01 Kebondalem Pemalang. Sampel yang diambil 20 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik probability dengan jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi.
Berdasarkan perhitungan diperoleh rata-rata nilai pretest yaitu 57,00 sedangkan rata-rata nilai posttest yaitu 71,75. Pada saat pretest hanya ada 6 siswa yang tuntas dan 14 siswa lainnya belum tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal 30%. Setelah dilakukan posttest terdapat kenaikan sebnayak 14 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 70%. Hal tersebut diperkuat oleh analisis uji-t dengan perolehan t hitung sebesar (7,959) > t tabel (1,729) jadi H 0 ditolak yang artinya rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan tidak sama.
Kesimpulan dari penelitian ini, membuktikan bahwa penggunaan metode bernyanyi berbantu media flashcard efektif terhadap kemampuan membaca dalam
mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SDN 01 Kebondalem Pemalang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 02:18 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 02:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4044 |