Ratini, Ratini (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 03 PURWOSARI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi_Ratini (20120051).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Siswa di SDN 03 Purwosari masih mengalami berbagai kesulitan belajar bahasa Inggris kesulitan yang dialami siswa kelas IV yaitu kesulitan dalam 1) membaca, menulis, menghafal kosakata, dan mengartikan sebuh kata atau kalimat dalam bentuk bahasa Inggris 32%. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk menganalisis kesulitan belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV di SDN 03 Purwosari. 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV di SDN 03 Purwosari.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Populasi untuk mendapatkan data yaitu siswa kelas IV SDN 03 Purwosari yang berjumlah 25 siswa.
Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, kuesioner/angket dan dokumentasi.
Temuan hasil penelitian terdapat 4 kesulitan yang dialami oleh siswa kelas IV di SDN 03 Purwosari yang dipengaruhi 2 faktor yaitu internal dan eksternal.
Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa siswa mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris ada 4 hal yaitu 1) membaca, 2) menulis, 3) menghafal kosakata, 4) mengartikan sebuah kata atau kalimat dalam bentuk bahasa Inggris. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ada 2, Faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal 1) psikis, 2) motivasi, 3) kesehatan siswa. Faktor eksternal 1) guru, 2) kelas.
Kata Kunci : Kesulitan, bahasa Inggris, siswa, faktor
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 02:12 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 02:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4043 |