IMPLEMENTASI TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR, KOGNITIF, DAN SOSIAL SISWA DI SMA LABORATORIUM UPGRIS

Orlando Te Je, Ananda Billy Aulya (2024) IMPLEMENTASI TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR, KOGNITIF, DAN SOSIAL SISWA DI SMA LABORATORIUM UPGRIS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ananda Billy Aulya Orlando Te Je.pdf] Text
Ananda Billy Aulya Orlando Te Je.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ananda Billy Aulya Orlando Te Je, “Implementasi teaching games for
understanding untuk meningkatkan kemampuan psikomotor, kognitif, dan sosial
siswa di SMA Laboratorium UPGRIS”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang penelitian adalah untuk dapat mengetahui bagaimana
implementasi metode pembelajaran TGFU dapat diterapkan dalam kurikulum
Merdeka Belajar, serta menjadi eksperimen apakah siswa dapat lebih merdeka
dalam mempelajari materi namun tetap mendapatkan hasil maksimal melalui
pendekatan permainan sederhana yang diadaptasi dari www.playsport.net. Aspek
psikomotor, kognitif dan sosial merupakan tiga variable terikat yang menjadi tolak
ukur untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran
TGFU. Penelitian bertujuan agar dapat melihat bagaimana efek yang dapat
ditimbulkan bagi perkembangan siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode
kuantitatif dan dilakukan dengan desain the matching-only pretest-posttest control
group design dan untuk sample dipilih menggunakan cluster random sampling
dengan kelas X Cirebon sebagai kelas eksperimen dan kelas X Bali sebagai kelas
kontrol. Penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan yang
signifikan terhadap aspek kognitif dan psikomotor siswa pada kelas X Cirebon yang
dalam hasil perhitungannya menggunakan IBM SPSS kedua aspek tersebut
menghasilkan Sig. (2-tailed) = 0,000 dalam paired sample t-test dan dalam
independent sample t-test didapatkan Sig. (2-tailed) = 0,000. Sedangkan dalam
aspek sosial siswa menghasilkan Sig. (2-tailed) = 0,000 dalam paired sample t-test
namun dalam independent sample t-test menghasilkan Sig. (2-tailed) = 0,759 atau
Sig. (2-tailed) > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan berarti dari hasil posttest
antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam aspek sosial. Dari data tersebut
dapat disimpulkan bahwa dalam aspek kognitif dan psikomotor siswa didapatkan
peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yang diberi treatment berupa
metode pembelajaran TGFU dibanding dengan kelas kontrol yang diberi metode
pembelajaran konvensional. Sedangkan dalam aspek sosial tidak terdapat
perbedaan signifikan dalam peningkatan yang terjadi antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol.
Kata Kunci: Teaching Games For Understanding, Psikomotor, Kognitif, Sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:01
Last Modified: 12 Jun 2024 07:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3943

Actions (login required)

View Item
View Item