ESTIANA, RINDI (2023) ANALISIS KONSENTRASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS V SDN 2 PENGKOLREJO KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
RINDI ESTIANA 19120272.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
RINDI ESTIANA. NPM 19120272 ”Analisis Konsentrasi Belajar Siswa
Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Tema 7 Subtema 2 Kelas V SDN 2
Pengkolrejo Kabupaten Blora”. Skripsi Program Studi Pendidikan Giru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2023.
Konteks penelitian ini adalah Media pembelajaran yang digunakan guru masih
berupa media konkrit gambar tidak bergerak seperti gambar peredaran darah pada
manusia, gambar pencernaan, gambar sistem pernafasan manusia sehingga dengan
penggunaan media yang masih sederhana atau tidak menarik membuat konsentrasi
belajar siswa pada saat pembelajaran dikelas tersebut masih perlu dibina dan
diperbaiki. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana analisis
konsentrasi belajar siswa melalui media pembelajaran audio visual tema 7
subtema kelas V SDN 2 Pengkolrejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan analisis konsentrasi belajar siswa melalui media pembelajaran
audio visual visual tema 7 subtema 2 kelas V SDN 2 Pengkolrejo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data
dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, lembar observasi sertadokumentasi.
Hasil persentase penilaian lembar angket siswa dapat disimpulkan bahwa
analisis konsentrasi belajar siswa melalui media pembelajaran audio visual dapat
mempengaruhi respon aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS pada vidio
pembelajaran pembacaan teks proklamasi kemerdekaan indonesia, peristiwa
heroik di Surabaya dan vidio tari wira pertiwi dengan rata-rata 83,5 berkategori
nilai sangat baik. Sedangkan hasil lembar observasi konsentrasi belajar siswa
pertemuan 1,2 dan 3, kemerdekaan indonesia diperoleh 89% siswa berkonsentrasi
dengan kategori nilai sangat baik. Pada pertemuan 2 vidio pembelajaran audio
visual mengenai peristiwa heroik di surabaya diperoleh persentase 81% siswa
berkonsentrasi dengan kategori nilai sangat baik. Pertemuan 3 vidio pembelajaran
audio visual tari wira pertiwi diperoleh persentase 88% siswa berkonsentrasi
dengan kategori nilai sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran guru lebih memperbanyak media yang
digunakan dalam pembelajaran agar anak lebih berkonsentrasi, tidak mudah bosan
dan dapat belajar lebih maksimal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 03:41 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/394 |