KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JAKENA

PERMATASARI, AMALIA (2024) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JAKENA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AMALIA PERMATASARI.pdf] Text
AMALIA PERMATASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

MALIA PERMATASARI. NPM 19110026. “Keefektifan Bimbingan
Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan
Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jakenan”. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Eka Sari Setianingsih, S.
Pd., M.Pd. Dan Pembimbing II Dr. Venty, S. Ag., M.Pd. 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara
dengan guru BK di SMA Negeri 1 Jakenan. Hasil wawancara bersama
guru BK, mengungkapkan bahwa masih banyak siswa yang kurang
percaya diri terutama pada saat di kelas, siswa kebanyakan tidak berani
mengemukakan pendapatnya, tidak berani berbicara di depan umum, dan
pada saat kegiatan jam pelajaran siswa lebih memilih diam takut untuk
bertanya.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental
design dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Populasi
penelitian ini berjumlah 396 siswa. Sampel diambil sebanyak 10 siswa
dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian
ini diperoleh melalui skala psikologis.
Uji Paired Sample t Test menunjukkan angka yang
signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan nilai signifikan (2-
tailed) 0,002. Dari dasar keputusan dalam perhitungan uji paired sampel t
test maka nilai signifikan 0,011 < 0,05 yang artinya bahwa hipotesis
yang diajukan diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa “Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Role Playing Efektif untuk Meningkatkan
Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jakenan ”.
Berdasarkan
temuan
hasil
penelitian
dapat
disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role playing
efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Role Playing, Kepercayaan Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:35
Last Modified: 12 Jun 2024 06:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3938

Actions (login required)

View Item
View Item