PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TALKING CHIP TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG

Pradani, Dita Cipta (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TALKING CHIP TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dita Cipta Pradani 19110057.pdf] Text
Dita Cipta Pradani 19110057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

DITA CIPTA PRADANI. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik
Talking Chip Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA Kesatrian 1
Semarang. Skripsi program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Siti Fitriana, S.Pd., M.Pd.
Kons. dan pembimbing II Desi Maulia, S.Pd., M.Psi. Psikologi.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam
perencanaan karir siswa kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang. Permasalahan
perencanaan karir tersebut antara lain kurangnya pemahaman mengenal diri,
kurangnya kesiapan mental untuk bersaing, belum memahami program studi untuk
melanjutkan ke universitas lanjutan, ragu dengan pilihan cita – cita atau karirnya,
belum memiliki rencana dalam memilih pendidikan lanjutan, dan kurang percaya
diri atas kemampuan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chip
terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang. Penelitian
ini menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian
pretest posttest One Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang dengan jumlah 221 siswa. Sampel yang
diambil sebanyak 15 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala
likert, yakni membuat skala perencanaan karir. Berdasarkan hasil uji hipotesis
menggunakan paired sampel t-test diperoleh hasil signifikansi (2-tailed) 0,000 >
0,05. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal (pretest) dengan
varibel akhir (posttest), hal ini menunjukan Ho pada penelitian ini ditolak dan Ha
diterima yang berbunyi bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok teknik talking
chip terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang.
Kata kunci: Bimbingan kelompok, Perencanaan karir, Talking chip.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:24
Last Modified: 12 Jun 2024 02:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3907

Actions (login required)

View Item
View Item