Maksum, Ali (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PENANAMAN KESADARAN MORAL UNTUK MENCEGAH KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KARTIYOSO SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ali Maksum.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Ali Maksum. 20210029. “Peran Guru Pendidikan Pancasila dalam Penanaman
Kesadaran Moral untuk Mencegah kenakalan Peserta Didik di Sekolah Menengah
Pertama Kartiyoso Semarang”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2023.
Latar Belakang dalam penelitian ini adalah bahwa SMP Kartiyoso Semarang adalah
sekolah yang salah satu sekolah menengah pertama swasta unggulan yang berada
di Kota Semarang. Visi sekolah “Meningkatkan prestasi secara optimal dan
menjadikan manusia berbudi luhur”. SMP Kartiyoso Semarang hendak
mewujudkan masyarakat yang cerdas secara akal dan juga moral. Selain
diunggulkan dalam bidang akademik, siswa SMP Kartiyoso Semarang juga
memiliki perilaku yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku siswa selama
berada di sekolah, yaitu menjaga nama baik sekolah, menghargai guru, saling
menegur sapa sesama siswa, menjalankan tata tertib sekolah, dan sebagainya.
Jenis Penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di
SMP Kartiyoso Semarang. Fokus penelitianya adalah “Peran Guru Pendidikan
Pancasila dalam Penanaman Kesadaran Moral untuk Mencegah kenakalan Peserta
Didik di Sekolah Menengah Pertama Kartiyoso Semarang” dengan indikator
sebagai berikut 1). Guru sebagai motivator, 2). Guru sebagai mediator, 3). Guru
sebagai fasilitator, 4). Guru sebagai evaluator, 5). Guru sebagai Organisator. Metode
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Observasi, wawancara,
dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan antara lain Reduksi data,
Penyajian data, dan Penarikan.
Kesimpulan hasil yang diperoleh antara lain 1). Peran guru sebagai motivator yakni
guru sebagai pendorong siswa dalam rangka meningkatkan kegairahan dan
pengembangan kegiatan belajar siswa, 2). Peran guru sebagai mediator yakni
memberikan jalan keluar dalam kegiatan diskusi siswa, 3). Peran guru sebagai
fasilitator yakni guru memberikan pelayanan termasuk ketersediaan fasilitas guna
memberikan kemudahan dalam kegiatan belajar siswa, 4). Peran guru sebagai
evaluator yakni untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan
pembelajaran yang telah dilakukan, 5). Peran guru sebagai organisator yakni guru
Menyusun pengelolaan akademik, Menyusun tata tertib sekolah, Menyusun
kalender akademik, dan sebagainya.
Kata Kunci: Peran Guru, dan Nilai-nilai moral
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 08:19 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 08:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3886 |