ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PANJANG DI SDN LEMPONGSARI SEMARANG

AMALIA, SILVI (2023) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PANJANG DI SDN LEMPONGSARI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SILVI AMALIA 19120432.pdf] Text
SILVI AMALIA 19120432.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

SILVI AMALIA. NPM 19120432. “Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas IV Pada
Pembelajaran Matematika Materi Pengukuran Panjang Di SDN Lempongsari
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN
Lempongsari Semarang banyak yang belum bisa perkalian dan pembagian pada
pembelajaran matematika karena dampak dari Covid-19 yang mengharuskan proses
pembelajaran di ruang kelas diubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Hal ini
mengakibatkan proses pembelajaran lebih mengakomodir siswa dengan gaya belajar
auditori.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya belajar siswa kelas IV
dan apa faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa kelas IV pada pembelajaran
matematika materi pengukuran panjang di SDN Lempongsari Semarang. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis gaya belajar siswa kelas IV dan
menganalisis faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa kelas IV pada pembelajaran
matematika materi pengukuran panjang di SDN Lempongsari Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan metode 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi.
Kebasahan data penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Subyek penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas IV SDN Lempongsari Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari gaya belajar yang dimiliki siswa
kelas IV pada pembelajaran matematika materi pengukuran panjang di SDN
Lempongsari Semarang bervariasi yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan
gaya belajar kinestetik. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis gaya belajar siswa
yang menunjukkan bahwa bahwa dari sepuluh siswa yang menjadi subyek penelitian
tujuh siswa memiliki kecenderungan gaya belajar visual, dua siswa memiliki
kecenderungan gaya belajar auditori, dan satu siswa memiliki kecenderungan gaya
belajar kinestetik. Faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa kelas IV pada
pembelajaran matematika materi pengukuran panjang di SDN Lempongsari Semarang
diantaranya: faktor internal meliputi: faktor jasmani dan faktor ekstenal meliputi:
metode pembelajaran guru di dalam kelas yang menggunakan metode ceramah dan
faktor letak kelas IVA yang bersebelahan dengan tangga naik ke lantai atas dan tangga
untuk turun ke lantai bawah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:32
Last Modified: 05 Jan 2024 03:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item
View Item