ASTUTI., UMMU FARIDA PUJI (2024) UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK TK A MELALUI METODE PROYEK DI TK BUDI UTOMO BABALAN WEDUNG DEMAK TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI _UMMU FARIDA PUJI ASTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
UMMU FARIDA PUJI ASTUTI. NPM. 21156010. Upaya Peningkatan
Kemandirian Anak TK A Melalui Metode Proyek di TK Budi Utomo Babalan
Wedung Demak Tahun ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Rendahnya
kemandirian anak di TK Budi Utomo Babalan perlu mendapat penanganan lebih
serius, mengingat kemandirian merupakan aspek penting yang perlu ditingkatkan
mulai dari taman kanak kanak, contohnya pada pagi hari sampai disekolah masih
diantar sampai masuk ke dalam kelas, bahkan tas juga dibawakan oleh orang tua,
mulai dari tempat duduk yang menyiapkan juga orang tua, terdapat 3 anak yang
masih ditunggu di dalam kelas, di antara 3 anak yang masih ditunggu di dalam
kelas, 1 anak belum mau mengerjakan sendiri ketika makan makanan ringan, 2
sampai 3 anak lari pada orang tua untuk membukakan makanan ringan, sekitar 5
anak meminta guru yang membukakan, dan yang lain berusaha membuka sendiri.
Pada waktu istirahat anak-anak bermain di halaman sekolah, terdapat 2 anak yang
meminta orang tua untuk menemani bermain meskipun anak tersebut sudah
bermain bersama dengan teman-temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah Bagaimanakah metode proyek dapat meningkatkan kemandirian anak di
TK Budi Utomo Babalan?
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
adalah siswa TK A TK Budi Utomo Babalan Wedung Demak Tahun pada
semester II tahun ajaran 2023/2024 antara bulan Oktober-November yang
berjumlah 18 anak terdiri atas 8 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik
perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis
kualitatif dan kuantitatif peningkatan kreativitas anak dianalisis secara kuantitatif.
Hasil penelitian diketahui bahwa berdasarkan nilai klasikal yang diperoleh
pada pra siklus hanya mencapai 5,55%. Berdasarkan nilai klasikal yang diperoleh
pada siklus I pertemuan pertama mencapai 15 %. Berdasarkan nilai klasikal yang
diperoleh pada siklus I pertemuan kedua mencapai 51%. Dan Berdasarkan nilai
klasikal yang diperoleh pada siklus II pertemuan ketiga mencapai 91,7 %. Hasil
ini menunjukkan bahwa melalui metode mengerjakan proyek terbukti dapat
meningkatkan kemandirian anak TK A Budi Utomo Babalan Wedung Demak
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
upaya peningkatan kemandirian anak melalui metode proyek sebagai salah satu
alternative guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 06:12 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 06:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3845 |