Putri, Fanny Mawardani (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 2 TEGOWANU. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Fanny Mawardani Putri-19110206.pdf
Download (5MB)
Abstract
Fanny Mawardani Putri. NPM 19110206. “Pengaruh Bimbingan Kelompok
dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 2 Tegowanu” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. UNIVERSITAS PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I
: Dr. Heri Septadi Ismanto, S.Pd.,M.Pd.,Kons. Pembimbing II : Agus Setiawan
S.Pd.,M.Pd. 2024.
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia, artinya
setiap manusia Indonesia berhak mendapatkan pendidikan dan diharapkan untuk
selalu berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegowanu. Penelitian yang digunakan pada
penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini
menggunakan pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil pretest pada
kelas kontrol dan kelas eksperimen mengenai skala hasil belajar dapat diketahui
pada kelas eksperimen terdapat 10 siswa pada kategori rendah dengan persentasi
100%. Sementara pada kelas kontrol terdapat 10 siswa pada kategori rendah dengan
persentase 100%.
Berdasarkan hasil dari posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol di atas.
Pada kelas eksperimen didapatkan nilai tertinggi sebesar 55 dan nilai terendah
sebesar 46 sementara pada kelas kontrol nilai tertinggi 46 dan nilai terendah 38.
Berdasarkan hasil perhitungan uji perbedaan dua rata-rata data yang disajikan pada
tabel diatas diketahui pada kolom levene’s test for equality of variance memiliki
nilai signifikan sebesar 0.63 (p> 0.05). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegowanu.
Dari hasil analisis didapatkan pada kelas eksperimen sebelum dilakukan
layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving didapatkan nilai rata
rata pretest hasil belajar yaitu 37,8 dan setelah dilakukan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik problem solving mengalami kenaikan nilai rata rata
posttes hasil belajar yaitu 48,7. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilaksanakan, peneliti mengajukan beberapa saran, yaitu: Layanan bimbingan
kelompok dengan teknik problem solving sangat bermanfaat, sehingga diharapkan
pihak sekolah dapat mengimplementasikan pelaksanaan layanan dengan teknik
problem solving. Guru Bimbingan Konseling dapat mengembangkan inovasi baru
menggunakan teknik problem solving ini. Siswa yang telah mengikuti layanan
bimbingan kelompok dengan teknik problem solving diharapkan dapat
mempertahankan komitmen yang telah dibuat dan dapat mengaktualisasikan diri
secara lebih baik lagi. Bagi peneliti selanjutnya kiranya dapat mengambil sampel
yang lebih luas dan jenjang pendidikan yang bervarian, serta mencari faktor lain
yang dimiliki siswa.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:46 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 02:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3836 |