PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN VOLTAK PASSAT DAN VOLKET TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-FATH PLANTUNGAN KENDAL

Ulinnuha, Ulinnuha (2023) PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN VOLTAK PASSAT DAN VOLKET TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-FATH PLANTUNGAN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ulinnuha 17230192.pdf] Text
Ulinnuha 17230192.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar passing atas bola voli
siswa kelas VII Mengalami penurunan khususnya kelas VII A dan VII B SMP
Islam Al-Fath. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh modifikasi
permainan voltak passat dan volket terhadap hasil belajar passing atas bola voli
siswa kelas VII SMP Islam Al-Fath Plantungan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Sampel peneitian yang
digunakan adalah kelas VII A berjumlah 24 siswa dan kelas VII B berjumlah 24
siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes afektif,
kognitif dan psikomotor. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T.
Berdasarkan hasil penelitian diperole hasil bahwa modifikasi permainan
voltak passat mendapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Hasil pretest
voltak passat memiliki rata-rata sebesar 74,78. Sedangkan hasil posttest voltak
passat rata-rata sebesar 80,56 atau mengalami peningkatan sebsar 7,4%. Selain
itu, modifikasi permainan volket mendapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,01 <
0,05. Hasil pretest volket memiliki rata-rata sebesar 75,76. Sedangkan hasil
posttest volket memiliki rata-rata niai sebesar 80,34 atau mengalami peningkatan
sebsar 6,3%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa modifikasi permainan voltak
passat dan volket berpengaruh terhadap hasil belajar passing atas bola voli siswa
kelas VII SMP Al Fath Plantungan Kendal
Kata kunci : Voltak Passat, Volket, Passing Atas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:29
Last Modified: 05 Jan 2024 03:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item
View Item