SIPAYUNG, DEARMAULINA BR (2023) ANALISIS KESULITAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI TINJOMOYO 01 BANYUMANIK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DEARMAULINA BR SIPAYUNG 19120358.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
DEARMAUNA BR SIPAYUNG. NPM 19120358. “Analisis Kesulitan
Menceritakan Kembali isi Cerita dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas
V SD Negeri Tinjomoyo 01 Banyumanik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh.,
M.Pd. dan Pembimbing II Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan apa yang dihadapi
siswa dalam menceritakan kembali isi cerita dalam pembelajaran bahasa
Indonesia kelas V SD N Tinjomoyo 01 Banyumanik?. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk menganalisis kesulitan-kesulitan menceritakan kembali isi cerita
dalam pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Tinjomoyo 01
Banyumanik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskripsi.
Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan ssiwa SD Negeri
Tinjomoyo 01 Banyumanik. Objek penelitian ini adalah analisis kesulitan
menceritakan kembali isi cerita dalam pembelajaran bahasa Indonsia siswa kelas
V SD N Tinjomoyo 01 Banyumanik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
obervasi, angket, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik
analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan
kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dalam pembahasan yang telah diuraikan di
atas dari hasil wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi dapat disimpulkan
bahwa kesulitan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita dalam pembelajaran
bahasa Indonesia yang terjadi di kelas V SD N Tinjomoyo 01 Banyumanik
meliputi: (1) Pemahaman bahasa siswa rendah, (2) Siswa tidak mengetahui unsur
intrinsik dan extrinsik cerita, (3) Siswa tidak mampu menceritakan kembali isi
cerita yang telah dibaca, (4) Proses belajar mengajar yang diterapkan oleh guru,
(5) Siswa kurang fokus dalam pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi
kesulitan belajar siswa dalam menceritakan kembali isi cerita dalam pembelajaran
bahasa Indonesia terdiri dari faktor internal dan faktor external. Faktor internal
berasal dari dalam diri siswa, meliputi: (1) Kognitif (ranah pengetahuan), (2)
Afektif (ranah sikap), (3) Psikomotor (ranah keterampilan). Sedangkan faktor
external muncul dari luar diri siswa meliputi: (1) Lingkungan keluarga, (2)
Lingkungan masyarakat, (3) Lingkungan sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran diajukan, meliputi: (1) bagi
sekolah, untuk melengkapi sarana prasana, (2) bagi guru, menggunakan metode
dan media pembelajaran yang bervariasi, (3) bagi siswa, agar menguasai bahasa
dengan baik dan aktif dalam pembelajaran di kelas, (4) bagi orangtua, agar lebih
memperdulikan pendidikan anak.
Kata Kunci: Analisis, menceritakan kembali isi cerita, pelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 03:03 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 03:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/38 |