Luviah, Asah (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 37 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI ASAH LUVIAH 19410038.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model project based
learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas
VIII SMP N 37 Semarang. Berdasarkan hasil observasi terdapat masalah pada
peserta didik kelas VIII SMP 37 Semarang yaitu peserta didik masih kesulitan
untuk memahami materi, karena penggunaan model pembelajaran yang digunakan
guru kurang tepat. Penelitian ini memakai metode campuran atau mixed methods.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa
pengerjaan soal tes menganalisis teks eksplanasi, dan teknik non tes berupa
observasi, angket. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum diterapkan model Project
Based Learning (PJBL) dalam pembelajaran menganalisis teks eksplanasi, guru
masih menggunakan buku paket Bahasa Indonesia sebagai bahan pendukung
pembelajarannya. Penerapan model Project Based Learning terbukti peserta didik
lebih aktif saat pembelajaran. Model PJBL juga membuat peserta didik menjadi
lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Kata kunci : model Project Based Learning, penerapan, menganalisis teks
eksplanasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 06:57 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 06:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3780 |