PENGARUH MEDIA GAME BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 MOGA PEMALANG

Rokhmah, Syifa Ur (2023) PENGARUH MEDIA GAME BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 MOGA PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Syifa Ur Rokhmah 19320073.pdf] Text
Syifa Ur Rokhmah 19320073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tuntutan perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut dunia pendidikan
untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam
peningkatan mutu pendidikan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penggunaan media games based learning dengan menggunakan aplikasi
quizizz terhadap karakter berpikir kritis siswa pada materi virus kelas X SMA Negeri 1
Moga Pemalang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif berupa pretest
dan posttest. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasy
Eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil uji hipotesis
dengan menggunakan rumus independent sampel t-test dapat diketahui bahwa nilai
sig.(2-tailed) yaitu 0,000< 0,05 dan t tabel < t hitung yaitu 1,994 < 3,788 sehingga nilai
postest > pretest, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak hal ini
menunjukan bahwa ada perbedaan antara nilai posttest pada kelas eksprimen X.2 dan
kelas kontrol X.5 pada kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran biologi materi
virus SMA Negeri 1 Moga Pemalang. Rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis siswa
eksperimen meningkat menjadi 79,5 (kategori tinggi ). Berdasarkan hasil uji
independent sampel t-tes maka dapat disimpulkan media games based learning dengan
menggu akan aplikasi quizizz berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa pada pembelajaran biologi. Baerdasarkan nilai rata-rata N-gain pada
penggunaan media pembelajaran games based learning sebesar 42,29 kategori sedang,
hal ini diketahui bahwa pengunaan media games based learning memiliki pengaruh
terhadap tercapainya kemampuan berpikir kritis siswa. Sedangkan pada kelas kontrol
dengan menggunakan metode ceramah dan menggunakan media power point diperoleh
nilai N-gain sebesar 26,86 kategori rendah, hal ini bahwa pengaruh penggunaan metode
ceramah dan media power point kurang efektif.

Kata kunci : Media games based learning (quizizz), Berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:23
Last Modified: 05 Jan 2024 03:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item
View Item