HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KESULITAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 JUWANA

KHASANAH, ELVIRA USFATUN (2024) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KESULITAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 JUWANA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Elvira Usfatun Khasanah.pdf] Text
Elvira Usfatun Khasanah.pdf

Download (7MB)

Abstract

ELVIRA USFATUN KHASANAH. NPM 19110015, “Hubungan Antara
Efikasi Diri Dengan Kesulitan Belajar Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri
1 Juwana” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I Eka Sari
Setianingsih, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II MA. Primaningrum, S.Psi., M.Psi., PSi.
Pada dasarnya setiap siswa berhak mendapatkan peluang untuk memperoleh
hasil akademik yang memuaskan. Namun, dalam kenyataannya sehari-hari tidak
jarang banyak siswa yang justru mendapatkan hasil belajar yang kurang atau di
bawah standar yang telah ditetapkan dikarenakan kesulitan dalam belajar.
Sementara salah satu faktor yang yang menjadikan siswa sulit dalam belajar adalah
efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri
dengan kesulitan belajar pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Juwana.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif studi
korelasional. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 150 orang siswa,
kemudian 26 siswa digunakan untuk uji try out. Jumlah Sampel pada penelitian ini
sebanyak 124 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Juwana. Alat pengambilan data
menggunakan skala efikasi diri dan skala kesulitan belajar. Teknik analisis data
yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu analisis regresi sederhana.
Berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05,
maka hipotesis (Ha) diterima dan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan
signifikan antara Efikasi diri dengan Kesulitan belajar pada siwa Kels XII IPS SMA
Negeri 1 Juwana. Dengan tingkat korelasi jika dilhat dari nilai Pearson Correlation
0.657 yang berarti tingkat korelasinya sedang. Berdasarkan F hitung yaitu 92.879
dengan tingkat taraf signifikansi sebersar 0,000, dimana hasil tersebut bisa diartikan
kurang dari 0,5, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara variable X
(Efikasi diri) dan variable Y (Kesulitan belajar) dengan presentase sebanyak 43,2%.
Adanya Hubungan Efikasi diri dan Kesulitan belajar yang dimiliki oleh siswa maka
kesulitan belajar yang dialami oleh siswa disebabkan oleh kurang adanya keyakinan
diri dari siswa dalam mata pelajaran. Perolehan pada penelitian ini dapat dikatakan
bahwa apabila efikasi diri pada siswa rendah maka tingkat kesulitan yang dialami
lebih tinggi, kemudian sebaliknya apabila efikasi diri siswa tinggi maka semakin
rendah kesulitan belajar yang dialami siswa.
Kata kunci : Efikasi diri, Kesulitan belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 28 May 2024 04:09
Last Modified: 28 May 2024 04:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3711

Actions (login required)

View Item
View Item