ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SYARI’AH, NURUL (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NURUL SYARI’AH 17120325.pdf] Text
NURUL SYARI’AH 17120325.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NURUL SYARI’AH. NPM 17120325. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam
Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2023.
Konteks penelitian yang mendorong untuk penelitian ini adalah pentingnya
memahami kesulitan belajar siswa pada jenjang Sekolah Dasar pada materi bangun
datar dan perhitungan. Adapun fakta di lapangan menunjukkan masih
ditemukannya nilai yang rendah pada materi bangun datar di kelas IV SD N
Bitingan.
Pertanyaan peneliti adalah sebagai berikut. (1) Apa saja jenis kesulitan
siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun datar pada kelas IV SD N Bitingan?
(2) Apa faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi
bangun datar pada kelas IV SD N Bitingan? Berdasarkan pertanyaan tersebut maka
tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi kesulitan belajar matematika
dalam menyelesaikan soal materi bangun datar. (2) menganalisis faktor penyebab
kesulitan yang dialami siswa pada materi bangun datar.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode
deskriptif. Sumber data adalah siswa kelas IV SD N Bitingan ssejumlah 15 anak
yang terdiri dari 9 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui tes tertulis materi bangun datar pada bangun persegi, persegi panjang,
segitiga, dan wawancara yang dilakukan kepada guru kelas dan siswa kelas IV SD
N Bitingan. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Jenis kesulitan siswa dalam
menyelesaikan soal materi bangun datar yaitu (a) siswa kesulitan menuliskan
simbol pada penulisan cara menentukan keliling dan luas bangun persegi, persegi
panjang, dan segitiga, yang seharusnya huruf kecil namun ditulis huruf kapital (b)
siswa kesulitan menghitung perkalian, karena kurang hafal perkalian dan kurang
teliti dalam mengerjakan soal (c) siswa masih keliru dalam proses perhitungan (d)
siswa kurang memahami tulisan guru saat menjelaskan tulisan di papan tulis. (2)
Faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi
bangun datar yaitu (1) faktor internal (a) siswa tidak hafal perkalian (b) siswa
kurang teliti dalam mengerjakan soal (2) faktor eksternal (a) tulisan guru yang
kurang dipahami.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
sebagai berikut. (1) guru sebaiknya banyak melatih siswa mengerjakan soal-soal
perkalian. (2) mengadakan evaluasi pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:20
Last Modified: 05 Jan 2024 03:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item
View Item