HARTONO, HARTONO (2022) PENGGUNAAN MEDIA PUNCHING PAD DAN BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETRAMPILAN TENDANGAN DEPAN MATERI PENCAK SILAT KELAS VI SD NEGERI BONJOR SARANG REMBANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HARTONO 20236011.pdf
Download (4MB)
Abstract
Hartono. “Penggunaan Media Punching Pad Dan Bola Gantung Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Ketrampilan Tendangan Depan Materi Pencak Silat
Kelas VI SD Negeri Bonjor Sarang Rembang Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,Universitas PGRI Semarang,2022
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya Hasil belajar keterampilan
tendangan depan pencak silat pada Peserta didik kelas VI SDN Bonjor di karenakan
masih kurangnya Media Pembelajara yang di gunakan dalam Pembelajaran Pencak
silat selama ini.Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengukur sejauh mana Alat
bantu Pembelajaran Punching pad dan bola gantung dapat meningkatkan Hasil
belajar keterampilan tendangan depan materi pencak silat pada peserta didik kelas
VI SDN Bonjor Sarang Rembang tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas
VI SDN Bonjor Sarang Rembang tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 39 peserta
didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Pengumpulan data dengan
tes tendangan depan pencak silat dan observasi aktivitas peserta didik dan guru
selama kegiatan belajar mengajar tendangan depan pencak silat dengan
menggunakan alat bantu Pembelajaran. Validitas data dengan teknik triangulasi.
Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif
adalah skor perolehan tendangan depan pencak silat, data kualitatif terdiri dari:
aktivitas guru, keaktifan peserta didik, aktivitas peserta didik, dan penggunaan alat
bantu. Data kuantitatif dianalisis dengan Tes praktik tendangan depan sedangkan
data kualitatif dianalisis dengan analisis kritis.
Pada penelitian ini menghasilkan suatu data peningkatan peserta didik
dalam mempelajari tendangan depan menggunakan Punching pad dan dan bola
gantung sebagai media alat bantu pembelajaran. Ketercapaian ketuntasan Hasil
belajar keterampilan tendangan depan pencak silat pra siklus sebesar 28,21%. Dari
siklus 1 ke siklus 2 sebesar 33,30%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar secara
keseluruhan dari kondisi awal ke siklus 2 sebesar 61,53%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan Penggunaan media
Pembelajaran Puching pad dan bola gantung sebagai media alat bantu pembelajaran
mampu meningkatkan hasil belajar ketrampilan tendangan depan pencak silat pada
peserta didik kelas VI SDN Bonjor Sarang Rembang tahun pelajaran
2021/2022.Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 56,41% dan pada siklus II
menjadi 89,74 Peserta didik tuntas dalam pembelajaran ketrampilan tendangan
depan materi Pencak Silat.Peserta didik lebih antusias dan mudah berHasil belajar
keterampilan tendangan depan menggunakan Bola gantung di karenakan lebih
banyak kesempatan menendang dari pada menggunakan Puncing pad dengan
jumlah yang masih terbatas.
Kata kunci : Pencak silat, punching pad,bola gantung, Ketrampilan Tendangan
depan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 07:00 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 07:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3645 |