Anggraeni, Shinta (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MATERI IPAS KELAS 4 DI SDN SUMURBANGER 01 BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SHINTA ANGGRAENI 19120257.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Shinta Anggraeni NPM 19120257. “ Analisis Implementasi Pembelajaran
Kurikulum Merdeka Belajar Materi IPAS kelas 4 di SDN Sumurbanger 01 Batang”.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang, Universitas PGRI Semarang, Ferina Agustini, S.Pd,
M.Pd dan Arfilia Wijayanti, S.Pd, M.Pd, November 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini bahwa di Indonesia
perubahan kurikulum terjadi secara dinamis dari tahun ke tahun, kurikulum
pendidikan nasional memang telah berulang kali mengalami perubahan. Perubahan
kurikulum dari K13 menjadi kurikulum merdeka belajar ini merupakan sebagai
alternatif mengatasi kemunduran belajar di masa pandemic covid- 19 dimana siswa
mengalami keterbatasan dalam belajar dan sebagai penyempurnaan dari kurikulum
sebelumnya yaitu kurikulum K13.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi
pembelajaran kurikulum merdeka belajar materi IPAS kelas 4 di SDN Sumurbanger
01 Batang?, 2) Apa saja kendala dalam implementasi pembelajaran kurikulum
merdeka belajar materi IPAS kelas 4 di SDN Sumurbanger 01 Batang?, 3)
Bagaimana upaya mengatasi kendala dalam implementasi pembelajaran kurikulum
merdeka belajar materi IPAS kelas 4 di SDN Sumurbanger 01?
Jenis penelitian yang digunakan sesuai dengan judul tersebut adalah
penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah proses penelitian yang
menghasilkan data deskriptif, baik tertulis maupun lisan, tentang orang-orang dan
perilaku yang dapat diamati, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
dokumentasi, observasi dan kuesioner
Hasil Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Materi IPAS kelas 4 di
SDN Sumurbanger 01 sudah sangat baik, Melalui hasil observasi pembelajaran
dapat diketahui bahwa dalam pembelajaraan yang dilaksanakan mengalami
kenaikan menjadi lebih baik secara signifikan, Kendala pada Implementasi
pembelajaran terkendala pada fasilitas sekolah serta keaktifan siswa dala mengikuti
pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah adalah dengan
mengevaluasi pembelajaran
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan diharapkan
guru mampu memberi strategi atau metode yang lebih menarik dalam pembelajaran
IPAS agar siswa lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran IPAS serta diharapkan
mampu meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung dalam pembelajaran
IPAS.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 03:17 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/364 |