PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL KETRAMPILAN ROLL DEPAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SENDANGMULYO KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG

NASRUDDIN, NASRUDDIN (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL KETRAMPILAN ROLL DEPAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SENDANGMULYO KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nasruddin. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Untuk
Meningkatkan Hasil Ketrampilan Roll Depan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2
Sendangmulyo Sarang Rembang Tahun Pelajaran 2021/2022”. Program Studi
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,Universitas PGRI Semarang,2022
Kemampuan guling depan siswa dari sikap awalan, gerakan mengguling, dan
sikap akhir masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
pembelajaran senam lantai Roll depan dengan mengunakan model Role Playing pada
siswa kelas IV SD Negeri 2 Sendangmulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang
Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sendangmulyo Kecamatan Sarang Kabupaten
Rembang tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 14 anak, terdiri atas siswa putra
sebanyak 8 anak dan siswa putri sebanyak 6 anak. Instrumen yang digunakan yaitu
tes unjuk kerja guling depan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk persentase.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil
pembelajaran senam lantai Roll depan melalui model Role Playing ditandai dengan
peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 71
dengan persentase ketuntasan sebesar 42,86%. Kondisi tersebut mengalami
peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 74,6 dan persentase
ketuntasan sebesar 57,14%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai
target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai
rata-rata kemampuan senam guling depan siswa kembali mengalami peningkatan
sebesar 81,3 dengan persentase ketuntasan sebesar 85,72%. Hal tersebut
menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga
penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran senam lantai guling depan
melalui pendekatan permainan berlangsung dinamis dan menyenangkan dan hasil
pengamatan terhadap guru saat pembelajaran juga meningkat di setiap pertemuan.
Kemampuan guling depan peserta didik meningkat dengan ditandai dengan peserta
didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:47
Last Modified: 22 Mar 2024 06:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item
View Item