EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN DISKUSI UMUM PADA MATERI SENAM LANTAI ROLL DEPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIRAMPOG

Pamungkas, Nanda Hadi (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN DISKUSI UMUM PADA MATERI SENAM LANTAI ROLL DEPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIRAMPOG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari karena rendahnya hasil belajar siswa
karena metode yang digunakan oleh guru sifatnya teacher oriented. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektivitas penerapan metode brainstorming
terhadap peningkatan hasil belajar siswa, 2) Efektivitas penerapan metode diskusi
umum terhadap peningkatan hasil belajar siswa, 3) Perbedaan hasil belajar siswa
yang menggunakan metode brainstorming dengan yang menggunakan metode
diskusi umum.
Penelitian ini menggunakan model Two Group Pretest Posttest Group
Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sirampog.
Penelitian ini termasuk penelitian populasi karena memakai semua subyek
penelitian untuk dijadikan sumber data. Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol
dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara
penerapan metode pembelajaran brainstorming dan metode diskusi umum
terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sirampog Sumber terlihat
bahwa perolehan nilai rata-rata kelas XI MIPA 1 dengan perlakuan metode
brainstorming sebesar 89,03 sedangkan perolehan nilai rata-rata kelas XI MIPA 2
dengan perlakuan metode diskusi umum sebesar 82,03.
Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan: 1) Metode brainstorming efektif
meningkatkan hasil belajar siswa, 2) Metode diskusi umum efektif meningkatkan
hasil belajar siswa, walaupun tidak sesignifakan kenaikan pada pembelajaran
menggunakan metode brainstorming, 3) Ada perbedaan hasil belajar siswa kelas
eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil belajar siswa yang
mengikuti pembelajaran menggunakan metode brainstorming lebih tinggi
daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan
metode diskusi umum. Saran dari peneliti yaitu hendaknya guru untuk
meningkatkan kualitas belajar siswa dengan metode yang lebih menarik dan
efisien untuk hasil belajar siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:45
Last Modified: 22 Mar 2024 06:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3617

Actions (login required)

View Item
View Item