QUEEN, TAFSA GHONIYYU (2023) ANALISIS BAHAN AJAR IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SD DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TAFSA GHONIYYU QUEEN 19120363.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kurikulum merupakan sebuah acuan tiap-tiap pendidik dalam menerapkan
proses pembelajaran. Perubahan kurikulum harus memiliki dasar yang kuat, serta
tidak terlepas dari perkembangan zaman yang sudah serba digital. Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim mencetuskan
adanya perubahan kurikulum pada tahun 2019, perubahan ini digunakan sebagai
penyempurna pada Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka Belajar. Tujuan
penelitian untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang sesuai dengan kurikilum
merdeka. Mengetahui analisis HOTS pada bahan Ajar. Mengetahui penerapan
profil pelajar pancasila dalam bahan ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di tiga SD Negeri di
Semarang, yaitu SDN Podorejo 02, SDN Kembangarum 01, dan SDN
Karangtempel. Subyek penelitian yang diteliti adalah bahan ajar yang diterapkan
di kelas IV SD. Berdasarkan hasil amatan terhadap 3 buku yaitu buku tentang
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial karangan Irene M.JA., Kristiyono dan Nani
R., terbitan Erlangga tahun 2022, buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
karangan Ervina Purnamasari dan Yalista Tianasari terbitan Pustaka Persada
tahun 2023 dan buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial karangan Amalia Fitri
dkk, terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan
Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan
Teknologi Jakarta Pusat, bahwa isi buku sangat layak baik secara isi, penyajian
dan bahasa. Analisis instrumen HOTS hasil analisis instrumen penerapan HOTS
Pada bahan ajar bahwa sudah layak. Pada materi buku bahwa materi sudah sesuai
dengan profil pelajar pancasila.
Kata Kunci: Bahan Ajar, IPAS, Kurikulum Merdeka Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 03:16 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/361 |