Wicahyoko, Naguh (2022) PENGARUH METODE MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NAGUH 17230287.pdf
Download (4MB)
Abstract
Naguh Wicahyoko “Pengaruh Metode Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil
Belajar dan Kreativitas Siswa” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang Tahun 2022.
Penelitian ini di latar belakangi oleh belum efektifnya pelaksanaan proses
pembelajaran pendidikan jasmani sebagai salah satu komponen pendidikan secara
keseluruhan telah disadari oleh banyak kalangan. Orientasi pembelajaran harus
disesuaikan dengan perkembangan peserta didik, isi, dan urusan materi, serta cara
penyampaian harus disesuaikan dengan karakteristik siswa yang selalu ingin
bermain sehingga pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Sasaran
pembelajaran ditujukan bukan hanya mengembangkan keterampilan olahraga,
tetapi pada perkembangan-perkembangan pribadi peserta didik seutuhnya. Konsep
dasar pendidikan jasmani dan metode pembelajaran jasmani yang efektif perlu
dikuasai oleh para guru.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekperimen kuantitatif. Subjek
penelitian ini merupakan siswa SMA kelas XI di SMA Negeri 2 Pati. Sampel
yang digunakan adalah cluster random sampling dengan menggunakan 33 siswa
dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 4. Pengumpulan data yang
digunakan menggunakan angket dan treatmen yang di berikan kepada kelas
ekperimen yaitu kelas XI MIPA 4. Pengujian data menggunakan uji normalitas,
uji homogenitas dan uji paired t sample dan uji independent samples test.
Uji hipotesis yang dilakukan berdasarkan hasil perhitungan Paired Sample T�test dari dua variabel yaitu variabel hasil belajar dan kreativitas siswa, diperoleh
nilai Sig.0,000<0,05 yang berarti H0 ditolak artinya ada perbedaan yang
signifikan pada data pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa ada
pengaruh metode mengajar resiprokal terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa.
Berdasarkan uji Independent Samples Test di peroleh hasil untuk variabel hasil
belajar di peroleh sebesar 0,28<0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata antara
pretest dengan posttest kelas ekperimen dan kelas konrtol. Untuk variabel
kreativitas diperoleh hasil 0,039<0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata antara
pretest dengan posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Berdasarkan hasil perhitungan pada Tabel diatas, diperoleh nilai
Sig.0,000<0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima artinya Ada perbedaan
dan pengaruh yang signifikan pretest dan posttest hasil belajar dan kreativitas
siswa di SMA Negeri 2 Pati. Sehingga ada pengaruh metode mengajar resiprokal
terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi
Guru, khususnya Guru Olahraga di SMA Negeri 2 Pati dalam penerapan metode
mengajar resiprokal. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai dasar
evaluasi untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pada siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:23 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3579 |