SURVEY MINAT BELAJAR SISWA KELAS X TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK CUT NYA DIEN SEMARANG

Ilmawan, Gayuh (2022) SURVEY MINAT BELAJAR SISWA KELAS X TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK CUT NYA DIEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gayuh Ilmawan, “Survey Minat Belajar Siswa Kelas X Terhadap Pembelajaran
Daring PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Cut Nya’Dien Semarang”,
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas
PGRI Semarang, 2021.
Latar belakang diperoleh informasi pembelajaran daring masa pandemi
COVID-19 mempengaruhi kegiatan belajar mengajar PJOK di sekolah,
pelaksanaan pembelajaran PJOK tidak sesuai dengan RPP, peserta didik
mengalami dan memiliki keterbatasan kuota dan jaringan internet, dan tidak
semua peserta didik memiliki alat komunikasi (handpone) yang memadai. Adapun
tujuan penelitian mengetahui minat belajar siswa kelas X terhadap pembelajaran
daring PJOK pada masa pandemi Covid-19 di SMK Cut Nya Dien Semarang.
Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan
metode survey yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan Googleform.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 432
siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 36 siswa. Data penelitian dalam penelitian
ini berupa angket siswa, sementara sumber data dalam penelitian ini yaitu guru
dan siswa SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Variabel bebas dalam penelitian ini
adalah minat belajar siswa dan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah
pembelajaran daring PJOK. Instrumen penelitian untuk pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu dengan penyebaran angket (kuesioner) dalam bentuk
googleform. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Analisis data pada 4 indikator dalam
minat belajar siswa terhadap pembelajaran daring PJOK diperoleh sebesar 83%
siswa merasa tidak senang dengan adanya pembelajaran daring PJOK, sebesar
60% tidak perhatian dalam pembelajaran daring PJOK, sebesar 63% siswa tidak
tertarik untuk pembelajaran daring PJOK, dan sebesar 68% siswa terlibat dalam
pembelajaran daring PJOK.
Dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa terhadap pembelajaran
daring PJOK rendah. Saran yang disampaikan bagi Guru lebih kreatif dan inovatif
dalam memberikan pembelajaran PJOK secara daring. Bagi sekolah penelitian
pembelajaran daring PJOK pada pandemi Covid-19. Bagi peneliti selanjutnya
hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya
Kata Kunci: Minat Belajar, Pembelajaran Daring, PJOK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:15
Last Modified: 22 Mar 2024 04:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3524

Actions (login required)

View Item
View Item