Hidayat, Rhahmad (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS II SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
RHAHMAD HIDAYAT 19120313.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
RHAHMAD HIDAYAT. NPM 19120313. “Pengembangan Media Papan Pintar
Berbasis Problem Based Learning Pada Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa Kelas II SD”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasPGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I: Sukamto, S.Pd., M.Pd. Dosen
Pembimbing II: Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah dalam proses
pembelajaran guru sulit mengajarkan materi matematika dan banyak siswa yang
sulit memahami materi matematika. Selain itu, minimnya penggunaan media
pembelajaran membuat siswa merasa bosan. Oleh karena itu guru dan siswa
membutuhkan adanya media pembelajaran yang menarik, kreatif, dan inovatif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana media
pembelajaran papan pintar memenuhi kriteria validitas, kriteria praktis, dan
efektivitas pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas II di SD
Supriyadi 02 semarang dan SD Negeri Purwosari 02 Mijen Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Desain penelitian ini menggunakan ADDIE (analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini
adalah peserta didik pada pembelajaran tematik kelas II SD Supriyadi 02
Semarang dan SD Negeri Purwosari 02 Mijen Semarang. Sampel yang digunakan
yaitu peserta didik kelas II SD Supriyadi 02 Semarang yang terdiri dari 27 peserta
didik dan peserta didik kelas II SD Negeri Purwosari 02 Mijen Semarang yang
terdiri dari 27 pesrta didik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
pada analisis awal adalah uji normalitas. Analisis akhir menggunakan uji
normalitas, uji hipotesis, dan uji ketuntasan belajar.
Berdasarkan pengembangan yang dibuat karakteristik media pembelajaran
papan pintar ini adalah media bisa digunakan secara fleksibel, mempermudah
guru menjelaskan materi, mempermudah siswa memahami materi, dan tidak
mudah rusak. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 98% dan hasil
validasi dari ahli media memperoleh 98%. Hasil penilaian angket respon guru
memperoleh persentase 96,25% dan hasil penilaian angket respon siswa
memperoleh persentase 96%. Adapun hasil dari uji keefektifan di kedua sekolah
dasar terlihat nilai signifikansi kurang dari 0,05. Kesimpulannya bahwa media
pembelajaran papan pintar termasuk dalam kategori sangat baik dan sangat layak
yang telah memenuhi valid, praktis dan efektif.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, PBL, Matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 03:08 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/352 |