PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ROLL DEPAN SISWA KELAS VIII SMP N 2 PATI

Anggara, Renaldy Widhi (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ROLL DEPAN SISWA KELAS VIII SMP N 2 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RENALDY WIDHI ANGGARA_18320192.pdf] Text
RENALDY WIDHI ANGGARA_18320192.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Renaldy Widhi Anggara. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Keterampilam Roll Depan Siswa Kelas VIII SMP N 2 Pati”.
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penilaian guru olahraga pada SMP
N 2 Pati menilai banyak dari siswa yang masih rendah dan banyak yang tidak
mencapai KKM, hal ini disebabkan dalam belajar senam lantai yang kurang optimal
karena adanya faktor-faktor lain yang menghambat khususnya dalam belajar
gerakan roll depan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hasil penerapan model
problem based learning untuk meningkatkan keterampilam roll depan siswa kelas
VIII SMP N 2 Pati
Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan berpedoman pada teori
profesional guru dan hasil belajar. Metode penelitian dengan pendekatan
kuantitatif. Dengan berfokus adanya pembelajaran yang terjadi hanya berpusat pada
guru, dimana siswa hanya diberikan penjelasan materi dan beberapa peragaan saja,
sehingga siswa kurang tertarik dengan metode pengajaran dan pengembangan
materi seperti penjelasan detail teknik. Penelitian ini yaitu mengetahui apakah
terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran problem based learning pada
gerakan roll depan. Penelitian ini termasuk kedalam kuantitatif dengan metode
quasi-experimental design. Penelitian ini menggunakan nonequivalent group
design dengan penentuan sampel teknik probability sampling dengan alat uji
stastistik SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis data, setelah mendapat perlakuan
menunjukkan model pembelajaran dengan problem based learning yang diterapkan
di kelas VIII A diperoleh nilai |Thitung| > Tabel dan Sig.(2-tailed) < (0,05), maka
H0 ditolak dan H1 diterima. Model problem based learning di kelas VIII A
meningkat sebesar 15,8%. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat
penerapan pada hasil belajar Gerakan roll depan baik dengan problem based
learning.Sehingga dalam penelitian ini masih perlu ditingkatkan kompetensi dalam
mengelola kelas dan kemampuan menggunakan model pembelajaran.

Kata Kunci: Problem based learning, gerakan roll depan, senam lantai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:05
Last Modified: 05 Jan 2024 03:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item
View Item