KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MAYONG

Ronzi, Muhammad Fatkhur (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MAYONG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUHAMMAD FATKHUR RONZI 18230135.pdf] Text
MUHAMMAD FATKHUR RONZI 18230135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Muhammad Fatkhur Ronzi. NPM 18230135. “Keefektifan Model Pembelajaran
Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Bola Basket
pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mayong”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada materi
dribbling bola basket karena pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem based learning
untuk meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Mayong.
Peneliti menggunakan pre-experimental design dengan jenis One-Group
Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Mayong. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1
Mayong. Teknik pengumpulan data tes dan non tes. Pengujian pada penelitian ini uji
validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda. Teknik analisis data
uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan N-gain score.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran
Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar dribbling bola basket pada
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mayong. Hal ini berdasarkan dari perhitungan uji
hipotesis menggunakan uji paired sample t test diperoleh nilai signifikansi sebesar
0,00 < 0,05, dan mean pretest sebesar 68,43 dan mean posttest sebesar 86,67, maka
terjadi peningkatan mean sebesar 18,24%. Maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap hasil
belajar dribbling bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mayong. Saran
diharapkan model pembelajaran Problem Based Learning peserta didik dapat lebih
aktif dan berpartisipasi dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Dribbl

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:25
Last Modified: 22 Mar 2024 03:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item
View Item