Fitriyana, Syna (2023) SENI RUPA KOLASE DENGAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS UNTUK MENUNJANG KREATIVITAS SISWA KELAS IV SDN SUMBERJO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NYNA FITRIYANA 19120237.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
NYNA FITRIYANA. NPM 19120237. “Seni Rupa Kolase dengan Pemanfaatan
Barang Bekas untuk Menunjang Kreativitas Siswa Kelas IV SDN Sumberjo”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang, 2023. Pembimbing I
Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn., M.Pd dan Pembimbing II Veryliana Purnamasari,
S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penggunaan media
barang bekas dapat dijadikan media pembelajaran bagi guru untuk siswa sebagai
penunjang kreativitas siswa di dalam pembelajaran yang efektif dan efisien.
Penggunaan barang bekas dalam penelitian ini adalah sebagai penunjang kreativitas
siswa kelas IV di SD Negeri Sumberjo pada mata pelajaran SBdP materi membuat
kolase.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses Pemanfaatan
Barang Bekas untuk menunjang Kreativitas Siswa Kelas IV Di SD Negeri
SUMBERJO Pada Mata Pelajaran SBdP Materi Membuat Kolase. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bagaimana
proses Pemanfaatan Barang Bekas untuk Menunjang Kreativitas Siswa Kelas IV Di
SD Negeri SUMBERJO Pada Mata Pelajaran SBdP Materi Membuat Kolase.
Jenis penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan
metode pendekatan kualitatif . Pengumpulan data dengan menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, Proses pemanfaatan barang bekas untuk
menunjang kreativitas siswa kelas IV pada mata pelajaran SBDP materi membuat
kolase meliputi perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan proses
pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada saat
pembelajaran berlangsung siswa mengikuti pembelajaran dengan antusias dari
mulai awal sampai dengan akhir pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan respon
siswa yang lebih baik, aktif dan kreatif pada saat pembelajaran seni rupa kolase
dengan memanfaatkan barang bekas.
Dengan penelitian yang saya teliti maka dapat disimpulkan bahwa, dengan
pemanfaatan barang bekas mampu menunjang kreativitas yang dimiliki siswa
sehingga siswa mampu berfikir kreatif. Hal ini dapat dikatakan bahwa guru yang
kreatif akan membuat siswa menjadi kreatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 02:57 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 02:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/341 |