PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO TRACKER TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN GERAK LURUS BERATURAN

Febrianti, Fira Rosmaliana (2022) PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO TRACKER TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN GERAK LURUS BERATURAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran yang melatihkan keterampilan generik sains akan menghasilkan
peserta didik mampu memahami konsep dalam menyelesaikan masalah dan
kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya, serta mampu belajar sendiri secara efisien.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan video tracker
dalam meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik pada pembelajaran
gerak lurus beraturan. Desain penelitian ini menggunakan One-Group Pretest�Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA
Al Fattah Terboyo Semarang. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X
MIPA SMA Al Fattah Terboyo Semarang berjumlah 28 peserta didik. Teknik
pengumpulan data berupa tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat
pengaruh pemanfaatan video tracker terhadap keterampilan generik sains peserta
didik pada pembelajaran gerak lurus beraturan. Hal tersebut diketahui dari hasil
analisis perhitungan nilai rata-rata peningkatan pretest-posttest sebesar 22,12 %
dan dari observasi yang dilakukan oleh observer diperoleh nilai rata-rata 80,88 %
dengan kriteria sangat baik. Dari hasil analisis uji gain diperoleh nilai sebesar 0,37
yang dikategorikan sedang. Hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikansi sebesar
0,85 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dan hasil uji homogenitas diperoleh
nilai signifikansi sebesar 0,46 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Oleh karena
itu disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan
generik sains peserta didik di SMA Al Fattah Terboyo Semarang.
Kata kunci: Tracker, Keterampilan Generik Sains, GLB

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:52
Last Modified: 22 Mar 2024 02:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3405

Actions (login required)

View Item
View Item