UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN BOLA BERANTING KELAS V SD NEGERI PODOSARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ardianto, Davit (2022) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN BOLA BERANTING KELAS V SD NEGERI PODOSARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Davit Ardianto 20236023.pdf] Text
Davit Ardianto 20236023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Davit Ardianto. 2022. “Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Bola
Voli Melalui Permainan Bola Beranting Siswa Kelas V SD Tahun Pelajaran
2021/2022”. Skripsi Jurusan PJKR. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Osa Maliki,S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing
II Maftukin Huda,S.Pd`, M.Pd.
Latar belakang masalah siswa belum mampu passing bawah dengan benar.
Peneiltian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan permainan bola
beranting dapat peningkatan kemampuan passing bawah pada siswa. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah “apakah pembelajaran dengan bermain dapat
peningkatan kemarnpuan passing bawah. Subyek penelitian ini siswa kelas V SD
Negeri Podosari Kecamatan Cepiring tahun pelajaran 2021/2022, penelitian
dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2022
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Tindakan dalam dua siklus: 1) SikIus I, Pembelajaran passing bawah diawali
dengan permainan bola beranting pada siswa. 2) Siklus II, Pembelajaran passing
bawah diawali permainan bola beranting. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah tehnik tes dan observasi, data yang diperoleh dianalisis dengan
analisis deskriptif dengan prosentase.
Hasil dari penelitian yaitu permainan bola beranting dapat meningkatkan
kemampuan passing bawah pada siswa. Berdasarkan data dari siklus I dan siklus
II, yaitu hasil pretest rata-rata kemampuan passing bawah sebesar 23,81%
menjadi 47,62% pada siklus I, dan meningkat menjadi 85,72% pada siklus II.
Hasil ini menunjukan dengan pendekatan bermain pembelajaran dapat diterima
lebih mudah oleh siswa.
Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode bermain
dapat berdampak positif terhadap perkembangan peserta didik dalam menguasai
teknik
passing
bawah,
serta
menambah
wawasan
bagi
guru
dalam
mengembangkan metode pembelajaran. Saran penelitian ini bisa digunakan
sebagai referensi bagi peneliti lain.
Kata kunci: ”Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli, Permainan Bola
Beranting, Siswa Kelas V”

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:48
Last Modified: 22 Mar 2024 02:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3397

Actions (login required)

View Item
View Item