PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBASIS AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SMP NEGERI 1 KEDUNGWUNI PEKALONGAN

Pratama, M Fahmi Rizki (2022) PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBASIS AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SMP NEGERI 1 KEDUNGWUNI PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of M Fahmi 17230005 .pdf] Text
M Fahmi 17230005 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

M Fahmi Rizki Pratama “Penerapan Model Inkuiri Berbasis Audio-Visual
Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Senam Lantai di SMP
Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan”, Program Studi Pendidikan Jasmani
Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2021.
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah siswa yang jenuh
dengan materi yang disampaikan oleh guru secara monoton, sehingga siswa
kurang memahami materi teori senam lantai guling lenting. Oleh karena itu perlu
ada perbaikan dalam model pembelajaran di SMP Negeri 1 Kedungwuni.
Tujuanya adalah mengetahui Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Berbasis Audio�Visual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Negeri 1 Kedungwuni.
Metode Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis
model penelitian True Eksperimnt Design. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas XIII G (eksperimen) dan XIII H (kontrol) menggunakan teknik sampling
Cluster Random Sampling. Hasil Penelitian dari kelas XIII G (eksperimen) dan
kelas XIII H (kontrol) diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar kognitif
senam lantai guling lenting melalui model pembelajaran inkuiri berbasis audio�visual. Kenaikan kelas kontrol sebesar 13,11% sedangkan Kenaikan Kelas
Eksperimen sebesar 22,6%. Simpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan
hasil belajar kognitif melalui Penerapan Model Inkuiri Berbasis Audio-Visual
terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Negeri 1 Kedungwuni. Saran,
Penerapan Model Inkuiri Berbasis Audio-Visual dapat dimaksimal
penggunaannya dalam materi pelajaran yang lain, sehingga bisa meningkatkan
kualitas kognitif siswa secara maksimal.
Kata Kunci: Inkuiri, Audio-Visual, Kognitif, Senam Lantai, Guling Lentin

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:46
Last Modified: 22 Mar 2024 02:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3396

Actions (login required)

View Item
View Item