Sugiyanti, Fina Fitri (2022) FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran merupakan keterpaduan dua proses yaitu, belajar dan mengajar.
Proses pembelajaran hingga dewasa ini masih didominasi guru dan kurang
memberikan akses bagi peserta didik untuk berkembang secara mandiri melalui
penemuan dalam proses berpikirnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti
berusaha mencari solusi yang dapat digunakan sebagai alternatif pemecahannya
yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantu
media Herbarium dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penggunaan herbarium dalam model DL (discovery learning) untuk
meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi plantae. Desain penelitian
ini adalah quasi eksperiment dengan metode nonequivalent control group design.
Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA MA NU 03 Sunan Katong
Kaliwungu. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian
menemukan bahwa ada pengaruh penggunaan herbarium dalam model DL
(discovery learning) untuk meningkatkan minat belajar (p-value: 0,000) dan hasil
belajar (p-value: 0,036) siswa kelas X IPA pada materi plantae. Kesimpulannya,
pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantu media Herbarium dapat
meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPA MA NU 03 Sunan
Katong Kaliwungu.
Kata kunci :Discovery Learning, Hasil Belajar, Herbarium, Minat Belajar,
Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:40 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:40 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3386 |