KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 KRADENAN

Aji, Danu Prabantoro (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 KRADENAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Danu Prabantoro Aji 18230155.pdf] Text
Danu Prabantoro Aji 18230155.pdf

Download (3MB)

Abstract

Danu Prabantoro Aji. NPM 18230155. “Keefektifan Model Pembelajaran Teams
Games Tournament dan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Dribbling Sepak Bola Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Kradenan”.
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas
PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa materi
Dribbling dalam permainan sepak bola. Data hasil belajar siswa di kelas VII A
dan VII D, menunjukkan sekitar 65% siswa masih belum memenuhi KKM.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui model pembelajaran Teams
Games Tournament efektif untuk meningkatkan hasil belajar dribbling sepak bola
pada siswa kelas VII SMP N 1 Kradenan; dan 2) untuk mengetahui model
pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar
dribbling sepak bola pada siswa kelas VII SMP N 1 Kradenan.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-
Experimental Design dengan jenis Two-Group Pretest-Posttest Design. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) teknik tes (pilihan ganda dan tes
praktik dribble sepak bola); dan 2) nontes (kuisioner sikap siswa dan
dokumentasi). Uji prasyarat data menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik
analisis data yang digunakan statistik deskriptif dengan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games
Tournament dan Problem Based Learning dapat diterapkan untuk meningkatkan
hasil belajar dribbling sepak bola pada siswa kelas VII SMP N 1 Kradenan. Dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dan Problem
Based Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar dribbling sepak bola
pada siswa kelas VII SMP N 1 Kradenan.
Kata kunci: Keefektifan, Teams Games Tournament, Problem Based Learning,
Dribble Sepak Bola, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:31
Last Modified: 22 Mar 2024 02:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3374

Actions (login required)

View Item
View Item