Fuad, Muhammad Muhsinul (2022) TINGKAT KEBERHASILAN PEMBELAJARAN DARING PJOK MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI IAM SCHOOL SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Muhammad Muhsinul Fuad ”Tingkat Keberhasilan Pembelajaran Daring
PJOK Menggunakan Media Aplikasi Iam School Sekolah Dasar Se-Kecamatan
Pabelan Kabupaten Semarang” Program Studi PJKR Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran daring di masa pandemi
covid-19,di Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Pabelan,Kabupaten Semarang
menggunakan media aplikasi pembelajaran bernama Iam School oleh PT.IAM
EDU NETWORKS. Mengingat sitem pembelajaran daring menggunakan media
aplikasi iam School ini masih merupakan hal baru dalam dunia pendidikan
khususnya ditingkat sekolah dasar di Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang,
maka tidak dapat dipungkiri dalam praktiknya masih banyak ditemukan kendala
teknis maupun nonteknis, baik dari sisi tenaga penggajar maupun peserta
didik.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa besar tingkat
keberhasilan pembelajaran daring PJOK menggunakan media aplikasi Iam
School sekolah dasar se-Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan
pembelajaran daring PJOK menggunakan media aplikasi Iam School sekolah
dasar se-Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang.
Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Analisis yang
digunakan adalah survey, teknik pengambilan data menggunakan angket, skor
yang diperoleh dari angket, Uji coba keabsahan data menggunakan validasi
instrument dan reabilitas instrument.
Hasil dari peneltian ini adalah tingkat keberhasilan pembelajaran daring PJOK
menggunakan media aplikasi iam school sekolah dasar se-Kecamatan Pabelan
Kabupaten Semarang berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 1,7% (1
Siswa), “tinggi” sebesar 34,5% (20 Siswa),”cukup” sebesar 41,4% (24 Siswa)
“rendah” sebesar 20,7% (12 Siswa) dan “sangat rendah” sebesar 1,7% (1 Siswa).
Berdasarkan nilai rata-rata dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat keberhasilan
pembelajaran daring PJOK menggunakan media aplikasi Iam School Sekolah
Dasar Se-Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang dapat dikatakan berhasil
dengan hasil dari 58 siswa, 45 siswa (77,5 %) menyatakan berhasil dan 13 siswa
(22,5%) menyatakan tidak berhasil. Dari hasil perhitungan analisis data diperoleh
nilai mean atau rata-rata 63,5 dari nilai max 89
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:19 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3355 |