Ardiyanti, Feti (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK SMA KELAS X SEMESTER GANJIL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan
mengetahui kelayakan produk bahan ajar fisika berbasis STEM (Science,
Technology, Engineering, and Mathematics) untuk SMA kelas X semester ganjil.
Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang
terdiri dari lima tahap meliputi analysis, design, development, implementation,
and evaluation. Instrumen yang digunakan berupa angket valiadasi uji ahli dan
praktisi. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif.
Analisis data kuantitatif diolah dari hasil perolehan skor angket validasi uji ahli
dan praktisi. Sedangkan, analisis data kualitatif berdasarkan saran dan komentar
dari validator. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan bahan ajar fisika
berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk kelas
X semester gajil. Bahan ajar fisika berbasis STEM ini telah divalidasi oleh
validator ahli dengan rata-rata skor dari uji ahli sebesar 84,13% dengan kategori
layak. Selanjutnya, hasil validator oleh praktisi sebesar 92,38% dengan kategori
sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini dapat
disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar fisika berbasis STEM (Science,
Technology, Engineering, and Mathematics) untuk kelas X semester ganjil ini
dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.
Kata kunci: bahan ajar, fisika, STEM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:17 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3353 |