Sari, Fenti Kumala (2022) POLA KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA SMA DI KECAMATAN KAYEN PATI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Fenti Kumala Sari 18320042.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola computational thinking siswa
SMA di Kecamatan Kayen Pati pada mata pelajaran Biologi. Pola kemampuan
computational thinking ini digunakan untuk bahan evaluasi meningkatkan mutu
pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA di Kecamatan
Kayen Pati khususnya kelas XI MIPA yang berjumlah 165 siswa. Teknik
sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif berupa soal tes,
wawancara, dan observasi. Uji validitas item dan person menggunakan Rasch
beserta aplikasi winstep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA di
Kecamatan Kayen Pati memiliki kemampuan computational thinking dalam
kategori “Cukup” dengan nilai rata-rata sebesar 57,97. Persentase frekuensi pada
kategori “Cukup” yaitu 35,7%. Kemampuan computational thinking pada setiap
sekolah diperoleh nilai rata-rata tertinggi yaitu SMA A sebesar 65,29, sedangkan
nilai rata-rata terendah diperoleh SMA C sebesar 53,55. Indikator kemampuan
computational thinking dengan nilai rata-rata paling tinggi yaitu c2 “pengenalan
pola” sebesar 68,03, sedangkan indikator terendah yaitu “abstraksi” dengan nilai
rata-rata sebesar 40,48. Berdasarkan hasil penelitian guru biologi SMA di
Kecamatan Kayen Pati sudah melatih siswa dalam berpikir komputasi pada
pembelajaran, namun sebagian besar siswa dan guru belum memahami
computational thinking lebih lanjut, sehingga diperlukan pengetahuan lebih terkait
computational thinking.
Kata kunci: Pola, Computational Thinking, Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:00 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3327 |