NADHIROH, LAILATUN (2022) IMPLEMENTASI BELAJAR DARI RUMAH KELOMPOK B SELAMA PANDEMI COVID-19 DI RA KARAKTER SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Lailatun Nadhiroh 15150022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
LAILATUN nadhiroh. “IMPLEMENTASI Belajar dari Rumah Kelompok B
Selama Pandemi Covid-19 di RA KARAKTER Semarang”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Ismatul Khasanah, S.Pd.I, M.Pd dan Purwadi, S.Pd.,
M.Pd. Agustus, 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kegiatan
pembelajaran yang tidak dilakukan di sekolah sehingga dilakukannya kegiatan
belajar dari rumah melalu pebelajaran daring dan luring. Hal tersebut disebabkan
adanya pandemi covid-19 yang mewabah di Indonesia.
proses pembelajaran dilaksanakan melalui sistem Belajar dari Rumah
(BDR) sebagaimana telah tercantum dalam Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4
Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan salam Masa Darurat
Penyebaran Corona Virus Diease (Covid-19) yang diperkuat Surat Edaran Sekjen
Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
(BDR) dalam Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) ayat 2
menyatakan bahwa “Belajar dari Rumah melalui pembelajaran jarak jauh daring
dan/atau luring dilaksanakan sesuai pedoman penyelenggaraan Belajar dari
Rumah sebagaimana tercantum dalam Lampiran Surat Edaran ini”.
Fokus dalam penelitian ini adalah implementasi belajar dari rumah
kelompok B selama pandemi covid-19 di RA KARAKTER Semarang. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi belajar dari rumah di
kelompok B di RA KARAKTER Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah
metode penelitian kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada filsafat
pospositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar dari rumah yang dilakukan
melalui daring maupun luring berjalan cukup efektif. Guru telah membuat RPP,
proses pelaksanaan pembelajaran seperti ketersedian handphone, jaringan internet,
bahan ajar maupun kesiapan peserta didik sudah berjalan lancar dan baik. Guru
mengevaluasi peserta didik dengan melakukan observasi setelah pembelajaran
selesai.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya guru menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk merencanakan kegiatan
pembelajaran maupun membuat bahan ajar yang menarik agar peserta didik dalam
kegiatan belajar dari rumah semakin senang dan bersemangat.
Kata Kunci: Belajar dari rumah dan pandemi covid-19
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:57 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3324 |