Iraka, Jesica Regardin (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI FISIKA SMA SUHU DAN KALOR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
JESIKA REGARDIN IRAKA 18330003 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui validitas e�modul bermuatan etnosains pada materi fisika suhu dan kalor untuk kelas XI
SMA/MA Semester Gasal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
dan pengembangan RnD dengan model Sugiyono yang terdiri dari tahapan
potensial dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk,
revisi produk, dan uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI
MIPA 3 dengan jumlah 32 siswa, 2 guru mata pelajaran fisika di SMA Negeri 14
Semarang, dan 2 dosen pendidikan fisika di Universitas PGRI Semarang sebagai
validator ahli bahan ajar. Teknik pengambilan data dilakukan dengan
menggunakan angket berupa lembar validasi untuk menilai validitas dan
kelayakan modul, angket respon guru, dan angket respon siswa. E-Modul yang
telah dikembangkan memperoleh skor penilaian sebesar 83% dengan kategori
sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, telah dikembangkan e-modul
bermuatan etnosains pada materi fisika suhu dan kalor untuk kelas XI SMA/MA
Semester Gasal dan memperoleh skor rata-rata 85% dengan kategori sangat layak
digunakan.
Kata kunci: E-modul, Etnosains, Suhu dan Kalor
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:35 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3287 |