PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR, KOGNITIFDAN SOSIAL SISWA KELAS XI SMA LABORATORIUM UPGRIS SEMARANG

Akbar, Mohamad (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR, KOGNITIFDAN SOSIAL SISWA KELAS XI SMA LABORATORIUM UPGRIS SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Mohamad Akbar 19230018.pdf] Text
Mohamad Akbar 19230018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Mohamad Akbar, NPM 19230018 “Pengaruh model pembelajaran
teaching games for understanding (TGFU) untuk meningkatkan kemampuan
psikomotor, kognitif dan sosial siswa kelas XI SMA Labschool UPGRIS
Semarang”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini menginvestigasi pengaruh penerapan model pembelajaran
teaching games for understanding terhadap peningkatan kemampuan psikomotor,
kognitif, dan sosial siswa kelas XI di SMA Labschool UPGRIS Semarang. Latar
belakang penelitian ini muncul karena hasil nilai psikomotor, kognitif, dan sosial
siswa masih di bawah standar yang diharapkan. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengevaluasi dampak positif dari penggunaan model
pembelajaran ini dalam meningkatkan kemampuan siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
desain two group pretest posttest untuk mengukur pengaruh model pembelajaran
teaching games for understanding. Sampel penelitian terdiri dari 52 siswa kelas
XI yang dipilih secara acak dari SMA Labschool UPGRIS. Data dikumpulkan
melalui validasi ahli dan dianalisis menggunakan metode eksperimen kuantitatif
serta uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
teaching games for understanding secara signifikan meningkatkan kemampuan
psikomotor kelompok eksperimen sebesar 16,67% lebih besar dibandingkan
kelompok kontrol sebesar 2,5%, sedangkan pada aspek kognitif kelompok
eksperimen hanya mengalami peningkatan sebesar 9,17% lebih rendah dari pada
kelompok kontrol sebesar 10,54%, dan pada aspek sosial kelompok eksperimen
mengalami peningkatan sebesar 5,29% dibandingkan kelompok kontrol sebesar
0,47%. Berdasarkan hasil uji t-Test menunjukkan perbedaan yang signifikan
antara nilai pretest dan posttest, dengan nilai signifikansi (2-tailed) p <0.000 pada
aspek psikomotor, p <0.020 pada aspek kognitif, dan p <0.000 pada aspek sosial.
Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah pentingnya model pembelajaran
teaching games for understanding dalam meningkatkan berbagai aspek
kemampuan siswa, terutama dalam konteks pembelajaran psikomotor, kognitif,
dan sosial karena pada model pembelajaran TGFU lebih mengutamakan
pendekatan taktik, bermain dalam segala posisi dalam permainan,
mengembangkan kreatifitas bermain, mengambil keputusan dan menentukan
berbagai macam variasi bermain. Saran dari penelitian ini dapat memberikan
kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di masa
depan untuk penelitian selanjutnya adalah untuk lebih mengeksplorasi berbagai
variasi model (TGfU) atau permainan olahraga yang dapat meningkatkan
kemampuan siswa secara lebih baik.
Kata kunci: Pengaruh, Teaching Games for Understanding, Psikomotor,
Kognitif, Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:43
Last Modified: 05 Jan 2024 02:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item
View Item