ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PJOK ANTAR JENJANG DAN SIKAP GURU PJOK TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KECAMATAN PETARUKAN

NURCAHYO, AZIZ (2022) ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN PJOK ANTAR JENJANG DAN SIKAP GURU PJOK TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KECAMATAN PETARUKAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Aziz Nurcahyo 16230319.pdf] Text
Aziz Nurcahyo 16230319.pdf

Download (7MB)

Abstract

Aziz Nurcahyo. NPM. 16230319. “Analisis Media Pembelajaran Pjok Antar
Jenjang Dan Sikap Guru Pjok Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi Dan
Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring Di Kecamatan Petarukan”, Program
Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Sermarang, 2021.
Latar belakang dalam penelitian ini yakni guru PJOK dengan media
utamanya berupa aktivitas fisik dalam pembelajarannya tentu memiliki tantangan
yang besar dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Masih ada yang
belum mampu menerapkan pembelajaran daring dikarenakan keterbatasan
teknologi mengenai sikap guru PJOK antar jenjang dalam pembelajaran daring.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan media pembelajaran PJOK
antar jenjang dan perbedaan sikap guru PJOK antar jenjang mengenai
pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif
metode penelitian survei cross-sectional, semua data dianalisis menggunakan
Statistical Package for the Social Sciences (SPSS versi 20.0). Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling yaitu keseluruhan dari
jumlah populasi, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 guru PJOK dari
semua antar jenjang.
Hasil penelitian sikap guru PJOK menunjukkan terdapat perbedaan
signifikan sebesar 0,000 < α (0,05). Berdasarkan usia 20-40 tahun dan usia lebih
dari 40 tahun terdapat perbedaan signifikan, nilai Sig. sebesar 0,015 < α (0,05.
Berdasarkan Lama Mengajar antara 1-5 tahun, 6-10 tahun dan lebih dari 10 tahun
terdapat perbedaan signifikan, nilai Signifikan sebesar 0,000 < α (0,05).
Berdasarkan antar Jenjang hasil analis data dengan ANOVA diperoleh hasil nilai
Fhitung > Ftabel dan Sig. < α (0,05) ada perbedaan signifikan sikap guru PJOK di
kecamatan Petarukan antar jenjang SD, SMP dan SMA mengenai pembelajaran
daring.
Maka hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan media antar jenjang
dan sikap guru PJOK antar jenjang terhadap penggunaan informasi, teknologi dan
komunikasi dalam pembelajaran daring di Kecamatan Petarukan.
Kata kunci : Sikap Guru PJOK, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid -19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:39
Last Modified: 21 Mar 2024 06:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item
View Item